Bikin Financial Planning itu Kemaren bukan Sekarang!

1166
Financial Planning

Financial Clinic bareng Ligwina Hananto dan Yudith dari QM Financial di GMHR minggu ini (24/04/2013), ngebahas tentang kapan seharusnya kita bikin financial planning alias rencana keuangan. Lalu kapan sih waktu yang tepat untuk membuat laporan keuangan? Jawabannya adalah secepatnya, agar manfaatnya bisa segera kita rasakan. Meski begitu ada 3 amunisi yang harus kita punya saat mau membuat planning:

1. Berapa uang cash yang dimiliki

2. Berapa sisa uang bulanan (berkaitan dengan kemampuan menabung)

3. Berapa Gaji/Bonus Tahunan (intinya harus ada uangnya bukan berapa jumlah gajinya)

Kemudian tentukan tujuan financial planning, misal untuk dana pendidikan, hari tua, menikah atau apa. Dengan melihat tujuan, kita mempunyai jangka waktu dan jangka waktu ini penting untuk menentukan apa saja yang mau diplanning dan berapa jumlah yang bisa ditabung. Sesimpel hanya untuk memastikan selalu ada dana tersedia karena Hard Rockers merasa orangnya boros banget.

Hal ini juga yang dilakukan Giring Nidji. Dirinya sudah mulai membuat financial planning di QM Financial sejak sebelum menikah. Bahkan sebelum kantor Financial Clinic sebesar sekarang, jadi kurang lebih sekitar 5 tahun yang lalu dan ia sudah menikmatinya sekarang terutama saat mau menikah. Gila gua punya duit sebanyak ini?!” kata Giring saat uang hasil financial planning-nya dibuka. “Jaman sekarang kalau gak punya financial planning kayaknya gak akan bisa survive” tutup giring. Giring juga mengaku merasa lebih aman dalam hidupnya dan terhindar dari hidup boros.

Ada satu fakta menarik yang diceritakan Ligwina, untuk mencapai dana pensiun 3 miliar bisa dicapai dengan menyisihkan 500ribu/bulan. Mau tau gimana caranya? Bisa cari sendiri caranya dengan googling di internet, tapi kalau mau lebih mudah, ikutan training dan workshop dari QM Financial aja, follow twitternya di @QM_Financial dan @QM_Sales atau telepon ke (021) 7395181

 

Kalau Hard Rockers sendiri udah punya financial planning belum?