Fakta Lain Ketika Jatuh Cinta

1275
jatuh cinta

“Jatuh cinta berjuta rasanya… ” Siapa pun yang pernah merasakan jatuh cinta, termasuk Hard Rockers, pasti setuju dengan penggalan lirik lagu ciptaan musisi Titiek Puspa tersebut.

Pastinya, ketika merasakan jatuh cinta, prilaku kita menjadi aneh dalam segala hal. Nah, perubahan sikap pada saat jatuh cinta ini ternyata memang sudah dibuktikan para ilmuwan. Mereka menemukan fakta-fakta ketika seseorang sedang dimabuk cinta. Berikut faktanya:

– Cinta membuat menjadi bodoh dan semakin bodoh. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang jatuh cinta penuh gairah, cenderung sulit untuk fokus dan melakukan pekerjaan yang menuntut perhatian.
 
Dr. Henk van Steenbergen, asisten profesor di Leiden University di Belanda mengatakan bahwa ketika kita berkomitmen dalam sebuah hubungan percintaan, mungkin kita akan mengalami kesulitan untuk fokus pada hal-hal lain, karena menghabiskan sebagian besar kemampuan kognitif untuk memikirkan orang yang dicintai.

Cinta membuat kita berjalan lebih lambat. Hal ini berlaku bagi kaum cowok. Para peneliti menemukan bahwa cowok menyesuaikan kecepatan berjalannya dengan kecepatan kekasih yang disayanginya. Fenomena yang aneh ini tak terjadi ketika mereka berjalan dengan seseorang yang hanya dianggap teman.

Cinta mengubah kita menjadi pemberani. Kita semua pernah mendengar cerita-cerita tentang ksatria berbaju baja yang mempertaruhkan segalanya untuk kekasihnya. Penelitian mengenai perilaku pengambilan risiko kepada kaum cowok dan cewek, lebih menunjukkan kalau cowok cenderung lebih bersedia melakukan risiko yang sebenarnya tak perlu untuk seorang pasangan yang dikasihi.

Also read: Destinasi negara idaman Angga Maliq & D’Essentials | Musisi dunia yang batal konser di Indonesia