Indonesia di Skala Internasional

810
0
deviana

Seberapa sulit kita menjawab pertanyaan ini : menurut lo apa yg diperlukan oleh Indonesia untuk bersaing dalam skala internasional?

Apakah untuk menjawab pertanyaan ini, sesulit kita dalam mengaplikasikannya? Cari jawabannya di Provocative Proactive bersama Pandji Pragiwaksono setiap Rabu 9-12 malam. Waktunya ‘yang muda’ yang berbicara nih. Perkenalkan salah seorang bintang tamu Provocative Proactive pada Rabu (17/10) lalu, beliau adalah Prof. Tjut Nyak Deviana Daudsjah A.Mus.D.

Wanita yang dikenal dengan nama Deviana memilih untuk hijrah ke Jerman dan mendalami pengetahuan sekaligus mengukir karir bermusiknya. Hingga pada akhirnya Deviana kembali ke Jakarta pada tahun 2000 dan mendirikan Yayasan Daya Bina Budaya dan Institut Musik Daya Indonesia, Akademi Musik independen pertama dengan Kurikulum standar internasional di Indonesia yang bekerjasama dengan Bapak Nick Mamahit. Tak perlu diragukan lagi untuk prestasi Deviana di skala Internasional.

Menurut Deviana, “Dalam konteks musik, it’s gonna very basic jika ditanya apa yang harus kita miliki untuk bersaing di skala internasional. Kalau karya lo jujur dan jatuhnya genuine, karya lo akan mendapat apresiasi. Mungkin hal ini yang tidak berlaku di Indonesia.” Lalu bagaimana pendapat Hard Rockers lainnya? 

On twitter — menurut lo apa yg diperlukan oleh Indonesia untuk bersaing dalam skala internasional?

@deirat: Disiplin dalam segala hal

@zyputri: Well education

@rikky182: SDM dan dukungan penuh pemerintah

@A_H_Aaa: Agen of change yang berdemokrasi dengan otak bukan dengan adu otot dan demo!

@ChristianGouw: Mental, Pride, dan Etika Kerja.. Menurut gue cuma sedikit orang Indonesia yang punya

@AndityaWirawan: Perlu kesadaran kolektif untuk membangun bangsa lintas generasi

@octnovem: Setujuuuu!!! Mindset yang nganggap orang asing setingkat di atas kita itu harus dihilangkan. If you good, then you are good 🙂 @hardrockfm @pandji

Don’t you agree?! Mari berprestasi, Hard Rockers!