Rasakan sensasi berpetualang di Bandar Seri Begawan

1812
0
Jame'Asr Hassanil Bolkiah
Jame'Asr Hassanil Bolkiah

Mendaki gunung, snorkling, atau berselancar di laut lepas, sudah pasti pernah Hard Rockers lakoni ‘kan?

Tapi, pernah kepikiran nggak sih, buat mengganti haluan dunia petualangan lo sejenak? Redakan pacu adrenalin petualangan dengan melakukan travelling yang lebih artsy, cultural, dan tentunya sangat “instagram worthy”. Jalan-jalan ke tempat yang bisa bikin kita penasaran dengan sejarah dan gemerlapnya negeri Kesultanan.

Nuansa petualangan yang berbeda ini bisa Hard Rockers nikmati, ketika melancong ke Bandar Seri Begawan, ibukota dari kesultanan Brunei Darussalam.

Seperti kita ketahui, Bandar Seri Begawan memiliki iklim tropis, tanpa musim kering yang pasti. Itu sebabnya, akan ada sensasi beda ketika lo melakukan kunjungan ke kota penghasil mebel, tekstil, kerajinan tangan, dan kayu terbaik ini.

Lalu, tempat wisata mana yang menarik buat dikunjungi? Jawabannya banyak! Tentunya, tempat wisata di Bandar Seri Begawan dan sekitarnya ini akan memanjakan mata dengan bangunan-bangunan artistik yang memiliki nilai sejarah tinggi.

Berikut lima tempat yang akan membuat koleksi foto-foto bertagar #AmazingPlaces milik Hard Rockers berlipat ganda.

1.Masjid Jame’ Asr Hassanil Bolkiah

Masjid terbesar di Brunei ini didirikan tahun 1988, dan resmi dibuka untuk umum pada tahun 1994. Masjid ini dibangun untuk merayakan kepemimpinan Sultan Brunei, Sultan Hassanal Bolkiah, yang memasuki masa kepemimpinan perak, 25 tahun. Masjid ini juga dikenal juga dengan sebutan masjid Kiarong.

Supaya Hard Rockers nggak penasaran seperti apa sih indahnya masjid ini, kami gambarkan ya. Masjid ini memiliki 29 kubah, dua kubah emas besar, dan 27 buah kubah penutup menaranya yang mengelilingi bangunan utama. 29 mengandung arti Sultan Hassanal Bolkiah adalah Sultan Brunei yang ke-29.

Ruangan utama beronamen kaligrafi khas Arab ini mampu menampung lebih dari 3.500 jamaah. Terdapat lampu gantung kristal indah yang dilapisi emas, yang berasal dari Austria. Sementara di sisi timurnya juga terdapat ruang ibadah, tapi hanya cukup untuk 1.000 orang. Kebayang dong megahnya bangunan Masjid ini?

2. Istana Nurul Iman

Istana Nurul Iman merupakan kediaman resmi dari Sultan Brunei ke-29, Sultan Hassanal Bolkiah, juga pusat pemerintahan Brunei. Istana yang memiliki arti “Cahaya Keimanan” ini, menjadi Istana terbesar versi Guiness World Records.

Terletak di Bukit Lumadin, pinggir sungai Brunei, kemegahan Istana Nurul Iman didukung fasilitas dengan kualitas terbaik. Diantaranya, memiliki 1.788 buah kamar, 257 kamar mandi, 18 lift, sebuah masjid yang mampu menampung 1.500 jamaah, sebuah aula untuk para tamu yang menampung 4.000 orang, 5 kolam renang, kompleks olahraga, 200 kuda poni, dan masih banyak lainnya.