Financial Clinic : To Be A Better You

1403
emergency-fund

 

Kalau kita tidak cermat dalam mengatur keuangan, dampaknya akan berpengaruh dalam kehidupan nih. Maka dari itu, kita perlu untuk membuat plan keuangan setidaknya dalam masa satu tahun ke depan. Topik ini menjadi bahasan dalam Good Morning Hard Rockers Show segmen Financial Clinic. Menurut Yudith dari QM Financial, pentingnya mengetahui kondisi keuangan dan memiliki dana darurat jadi plan utama di awal tahun untuk menciptakan hal baik di kehidupan mendatang, baik jangka pendek atau jangka panjang. Ini dia langkah-langkah yang perlu Hard Rockers lakukan :

1. Sebelum membuat financial plan, adakan dulu financial check-up. Sebelum membuat pengaturan, kita perlu cari tau dulu kondisi keuangan kita, ‘sehat’ atau ‘tidak sehat’. 

2. Coba lihat ratio keuangan yang tepat. Boleh punya hutang tapi harus dalam kadar yang tepat. Di QM Financial ratio kewajiban utang yang masih dalam tahap normal berkisar antara 30-35% dari penghasilan bulanan. Hal ini perlu diketahui supaya bisa memperkirakan keuangan untuk kebutuhan pribadi. 

3. Punya dana darurat sebagai plan keuangan tahunan. Dana darurat ini bisa dilakukan dengan menabung dan investasi. Langkah yang bisa diambil adalah deposito, Reksa Dana pasar uang, atau emas. Dana darurat berlaku jangka pendek satu-dua tahun. 

4. Kenaikkan penghasilan juga diikuti dengan plan akan berubah. Capai target saving dalam satu bulan untuk menghasilkan dana darurat jangka pendek (misal : single dan ingin menikah, dana liburan) atau jangka panjang (misal : dana pensiun)

Jika Hard Rockers sudah memiliki pola keuangan seperti ini, masalah keuangan pun teratasi. Kalau punya masalah keuangan, share aja melalui email [email protected], Subject : #BetterMe. Ayo, perbaiki diri, perbaiki keuangan sendiri!