5 mitos tahun baru Imlek yang harus diketahui

1342
0
Imlek

Imlek merupakan perayaan tradisi etnis Tionghoa dalam rangka pergantian zodiak China. Tapi, tahukah kamu ternyata ada mitos-mitos yang dipercayai oleh sebagian besar kaum Tiongkok asli di daratan China maupun maupun di seluruh dunia?

Berikut anjuran dan larangan yang dipercaya oleh etnis Tionghoa dalam menyambut Imlek:

1. Menggunting Rambut

ImlekMitosnya menggunting rambut sendiri dipercaya untuk membuang sial. Maka dianjurkan untuk memotong rambut sebelum Imlek, dan membuang sial di tahun yang baru.

2. Jangan memakai baju berwarna putih

Imlek Disarankan untuk memakai baju berwarna cerah seperti merah, orange, pink, fuschia karena warna warna tersebut melambangkan keberuntungan. Sedangkan warna putih dan hitam dilambangkan sebagai warna yang melambangkan duka.

3. Tidak diperbolehkan menyapu rumah

Imlek Bersih-bersih seperti menyapu dan mencuci piring pada saat tahun baru tidak diperbolehkan karena dianggap membuang rezeki yang baru didapatkan.

4. Tradisi membagikan angpao

ImlekPerayaan Imlek sangat identik dengan pembagian angpao. Tapi, yang boleh memberikan angpao adalah orang yang sudah menikah lho ternyata! Buat yang belum menikah, dilarang memberikan angpau karena dianggap akan mengurangi keberuntungan dan menjauhkan dari jodoh.

5. Dilarang bernyanyi ketika Imlek

ImlekBernyanyi ketika Imlek dianggap bisa mendatangkan hantu dan membuat kondisi kita menjadi buruk. Hmm kok begitu ya? Padahal umumnya menyanyi adalah ungkapan kegembiraan, tapi sebaiknya, ketika Imlek jangan bernyanyi dulu ya!

Itu mitos-mitos seputar Imlek yang harus kamu ketahui. Tapi namanya mitos, belum tentu semuanya bisa dibuktikan kebenarannya lho. Tapi yang perlu kamu tahu, budaya Tionghoa adalah budaya yang unik dan tidak heran lagi banyak tradisi yang masih suka dilakukan, terutama saat perayaan imlek.

Selamat Tahun Baru Imlek 2016 bagi Hard Rockers yang merayakan! Gong xi fa cai!

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainment! Streaming terus Hard Rock FM di sini!

[teks Nada Inditya Lifa | foto berbagai sumber]

Baca juga:
Britney Spear (baru) mainan Snapchat?
Nominasi Penghargaan Oscar 2017
Paris Jackson mengungkapkan kejanggalan kematian sang ayah