Cerita Dari Eyang Titiek Puspa

1518
Twitpic 2 AIMEE TITIEK PUSPA

Aimee Saras happy banget waktu dikasih kesempatan untuk ngobrol-ngobrol dengan Titiek Puspa. Saking senangnya, Aimee pun sampai bingung mau panggil wanita yang walaupun sudah berumur tetapi masih tetap cantik ini dengan sebutan apa. Ibu, Tante atau Eyang?

Di The Lady Who Swings hari Rabu, 21 Agustus yang lalu membahas tentang kilas balik perjuangan dari Eyang Titiek Puspa yang inspiratif. Jangan membayangkan kehidupan masa kecilnya yang penuh dengan kemewahan, “Waktu kecil, makan itu susah. Bisa 2 hari nggak makan. Kalau lapar jalan ke kebun, petik pucuk daun untuk dimakan.” begitu kata eyang Titiek Puspa yang memiliki nama asli Sudarwati ini. Selain itu, dulu beliau sempat bekerja sebagai penjual wedang di umur 5 tahun, “Uang berapa pun yang didapat waktu itu, pasti disimpen.” (terharu ya)

Karirnya sebagai seorang penyanyi yang dibangun sejak menjadi Juara Bintang Radio Jenis Hiburan tingkat Jawa Tengah di tahun 1954 ini mengingatkan Hard Rockers akan lagu “Pantang Mundur” yang ia ciptakan dan masuk kedalam salah satu lagu nasional Indonesia. Lagu yang bercerita tentang seorang wanita saat melepas kepergian suaminya yang berprofesi sebagai tentara untuk diberangkatkan ke Irian demi tugas negara ini, diadaptasi dari kisah nyata dimana eyang menyaksikan hal itu secara langsung.

Eyang Titiek Puspa juga berkomentar tentang perkembangan musik jaman sekarang yang serupa satu sama lain sehingga sulit dikenang lama. Anak-anak muda sekarang memiliki kemampuan dan kesempatan untuk bisa menghasilkan sebuah karya. “Buatlah sesuatu yang membuat Indonesia terhormat di mata dunia.” begitu pesan eyang.

Pokoknya, jangan sampai nggak dengerin The Lady Who Swings setiap hari Rabu jam 10 sampai 11 malam cuma di 87,6 Hard Rock FM atau streaming di www.hardrockfm.com.