Cicil Mencicil, Lama-Lama Menjadi Bukit

1123
hrfm finclinic

Hard Rockers pernah berhutang? Nah, untuk yang suka atau sedang berhutang untuk membeli sesuatu barang sebaiknya mulai detik ini hal itu harus dipikirkan lagi. Di Financial Clinic edisi 8 Mei 2013, Ligwina Hananto memberikan solusi untuk Hard Rockers yang senang mencicil barang-barang.

Ingin memiliki suatu barang tapi uangnya tidak mencukupi? cara yang dilakukan pastinya adalah dengan mencicil. Mencicil sih boleh-boleh saja, tapi harus diingat juga untung dan ruginya. Menurut Ligwina, diantara cicilan ada yang namanya daftar harta dan daftar hutang. Daftar harta bersifat dua hal. daftar harta lancar dan tidak lancar. Daftar harta lancar dapat berupa uang cash yang disimpan di bank, sedangkan daftar harta tidak lancar biasanya berupa hal-hal yang dicairkan dikemudian hari. Daftar harta kondisinya dapat meningkat atau bahkan menurun, tapi sebaiknya sih meningkat agar seimbang dengan daftar hutang yang sifatnya berkesinambungan.

Lantas apa hubungan antara cicilan, daftar hutang dan daftar harta?

Ketiga hal tersebut harus dapat saling men-support satu sama lain agar tidak merugikan diri sendiri. Contoh kecil dari permasalahan cicl-mencicil ini adalah, jika Hard Rockers membeli sebuah smartphone yang dibeli dengan cicilan 6 bulan. Hal tersebut menurut Ligwina tidak menguntungkan kedepannya, karena daftar harta yang masuk dari pembelian gadget tersebut tidak ada, berbeda jika Hard Rockers menyicil sebuah mobil, pembelian mobil yang dilakukan itu dapat masuk ke dalam daftar harta karena setelah cicilan yang dilakukan lunas, mobil tersebut bisa kembali dijual walaupun harganya turun tetapi akan ada pemasukan ke kantong Hard Rockers.

Nah, begitu kira-kira strategi melakukan cicilan. Perlu diingat, ketika kita mencicil, ada ongkos lebih yang harus dibayar karena kita tidak membayar secara tunai.

Jadi jangan sampai salah langkah ya, Hard Rockers ūüôā