Consumptive Is a No

1290
hrfm shopping

Gajian memang jadi hal yang menyenangkan dan pastinya ditunggu. Berbagai rencana sudah terancang di kepala. Mau kemana setelah gaji turun, barang apa saja yang mau dibeli, hang out kemana akhir pekan ini, pastilah hal-hal tersebut membuat Hard Rockers senyam-senyum sendiri.

Eits, tapi nanti dulu!

Coba pikirkan lagi apakah hal-hal indah tersebut sudah direncanakan jauh-jauh hari atau justru malah akan membuat pusing sendiri karena setelahnya sisa gaji pun hanya cukup untuk satu atau dua hari dan membuat kita jadi seseorang yang konsumtif. Bahaya!

Di Financial Clinic hari Rabu (05/06/2013) lalu, membahas obrolan menarik seputar mengatur keuangan agar Hard Rockers tidak menjadi pribadi yang konsumtif, apalagi untuk para first jobber yang masih sulit untuk mengendalikan hawa nafsu membelanjakan gajinya. Bisa-bisa hal tersebut akan berlangsung

Pada intinya, segala sesuatu harus terencana dengan baik, apa yang diinginkan juga harus diatur bagaimana cara mendapatkannya. Jangan sampai terjebak oleh godaan yang datang dari luar yang tentunya akan sangat mempengaruhi sistem keuangan Hard Rockers, saat sedang sale misalnya. 

Contoh, jika ingin liburan, pikirkan berapa budget yang dibutuhkan, pikirkan juga berapa waktu yang dibutuhkan untuk dapat mencapai total budget tersebut, kemudian sisihkan beberapa persen dari hasil pendapatan perbulannya.

Hal tersebut akan sangat berpengaruh jika konsisten dan mau sabar menunggu hasil tabungan tersebut. Gagal menabung akan menjadikan pribadi yang konsumtif, jadi jangan sampai hal itu terjadi.

Untuk para pecinta belanja, traveler sejati atau party goers sebaiknya memiliki shopping account sendiri sesuai kebutuhan.

Mau tau tips keuangan lainnya? 

Jangan lupa dengarkan Financial Clinic setiap hari Rabu di Good Morning Hard Rockers Show.