#FluxMe : Kebangkitan Brand Lokal

1154
hrfm flux me

Di Flux Me bersama coach Rene hari Kamis 18 Juli 2013 yang lalu membahas mengenai perkembangan brand lokal yang harus dibangun agar bisa menyaingi brand-brand asing yang masuk ke pasar dalam negeri dengan narasumber dari Amudra.com (sebuah wadah yang menampung brand-brand lokal di Bandung).

Fashion industri di Indonesia sebetulnya bisa dibilang masih “dijajah” oleh brand asing dengan banyaknya brand yang masuk baik itu di department store atau factory outlet yang biasa dijumpai. Menurut data 72% yang ada di sini adalah milik asing, jadi kebayang dong berapa persen yang milik lokal? Belum lagi sekarang ini juga marak produk-produk buatan dalam negeri namun “penamaannya” justru menggunakan label asing. Nah, untuk menghindari hal-hal tersebut, spirit indie haruslah dimunculkan, selain itu dukungan dari pemerintah juga dibutuhkan.

Bicara soal harga jika disandingkan dengan brand luar (contohnya yang dari Jepang itu lho) yang baru saja masuk ke Indonesia dengan menjual produknya lebih murah dari brand lokal. Kalau dilihat perhitungannya, produksi mereka lakukan secara massal, sedangkan brand lokal memproduksi hanya beberapa seri. Bisa dilihat dengan jelas berapa banyak orang yang akan memakai “seragam” serupa tapi sedikit potensi untuk sama dengan yang lain jika membeli brand lokal.

Coach Rene mencontohkan apa yang pernah dilihat di Montreal, dimana pemerintah setempat memberikan ruang terbuka untuk brand-brand lokal “menjejerkan” karyanya. Kenapa Indonesia nggak mencontoh dari situ? Padahal banyak banget potensi tempat-tempat unik dan menarik di Jakarta atau Bandung yang bisa dijadikan lahan exhibition. Brand lokal yang ada juga nggak kalah keren dengan brand asing. Seperti contohnya yang banyak disebutkan sama Hard Rockers seperti Peter Says Denim, Belowcepek.com, 347, (x) S,M,L, No Brand, Cotton Ink dan masih banyak lagi, apalagi wadah untuk menampung juga sudah banyak. Goods Dept. dan Amudra.com salah satu contohnya dan juga beberapa festival atau bazaar yang sering kali diadakan setiap tahunnya seperti, Kickfest, Jak Cloth, Brightspot dan pop-up store lainnya.

Adanya brand-brand lokal secara langsung juga menambah mata pencaharian bagi sebagian orang, menumbuhkan spirit indie, dan menghidupi nama produsennya sendiri secara tidak langsung. Brand lokal yang ada juga nggak boleh menutup diri, agar hal-hal tersebut bisa terwujud. Jadi, gak usah mikir berkali-kali untuk membesarkan nama-nama lokal.

Dan jangan lupa untuk terus dengerin Flux Me di Good Morning Hard Rockers Show setiap hari Kamis jam 8 pagi.

Sumber foto: khabarsoutheastasia.com