Kapan Nikah?

1462
nikah

Good Morning Hard Rockers Show 20 Maret 2013 membahas soal perencanaan modal nikah. Seperti yang Hard Rockers tahu, biaya nikah memang tidak murah makanya perlu perencanaan. Saat mau menikah biasanya yang terjadi adalah, di list dulu apa yang dibutuhkan, gedung, catering dll kemudian di hitung budgetnya dan kemudian mencari uang sejumlah itu. QM financial justru menyarankan sebaliknya, jadi lebih baik berawal dari budget yang kita punya saat mau menikah, bukan dari kebutuhan menikah yang kita mau. Contoh kasus, ada budget 500 juta, dari angka ini barulah dicari kebutuhan menikah yang sesuai budget tersebut. Kenapa harus seperti ini? Supaya nantinya tidak terjadi ‘kebangkrutan’ keluarga setelah menikah!

Seringkali karena ingin merayakan momen yang terjadi seumur hidup, mempelai termasuk seluruh keluarga kedua belah pihak, mengeluarkan semua tabungannya untuk menikah secara ‘maksimal’ bahkan sampai ada yang berhutang untuk menikah. Ini yang sangat tidak disarankan, gak mau kan masih nyicil utang nikah setelah menikah 5 tahun?

Oleh karena itu solusinya tidak ada jalan lain, yaitu menabung, karena rasanya sayang sekali kalau seseorang gagal menikah karena tidak ada uang. Kapan idealnya jarak menabung untuk menikah? Menurut QM Financial adalah 1-2 tahun sebelum target menikah, urusan jadi atau tidaknya ya jangan dipersoalkan, tidak ada ruginya kita menabung kan?