Liburan? Berhitung Dulu, Yuk!

1343
hrfm finclinic 2

Jangan asal pergi berlibur tanpa memikirkan budget liburan, apalagi jika Hard Rockers berencana untuk berlibur keluar negeri. Financial Clinic edisi 15 Mei 2013 membahas mengenai ‘Budget Liburan’. Dimana Hard Rockers bisa membuat perhitungan dana yang akan dikeluarkan saat melakukan perjalanan liburan ke luar negeri.

Waktu 5 tahun adalah rentang yang cukup untuk merencanakan sebuah liburan plus budget. Dana bisa disisihkan dari tabungan yang ada atau bisa melalui produk-produk investasi jangka panjang seperti emas atau reksa dana campuran.

Setelah hal tersebut terealisasikan, ada baiknya Hard Rockers mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan tujuan liburan. Rancang itinerary mulai dari tempat-tempat yang akan didatangi, hal-hal kecil seperti biaya transportasi selama di tempat tujuan wisata, hingga hal tak terduga yang pastinya harus disiapkan. Selain mempersiapkan budget untuk akomodasi, tiket pesawat dan hotel, perhitungkan juga biaya makan harian dan biaya untuk pergi ke tempat-tempat yang ingin dikunjungi seperti museum atau tempat wisata lainnya. Budget untuk membeli oleh-oleh juga harus dipersiapkan agar ketika pulang liburan, kita tidak terbebani oleh masalah keuangan.

Nggak mau dong setelah pulang liburan justru kita kelimpungan untuk mengembalikan pundi-pundi keuangan yang hilang karena tidak sesuai perhitungan.

Financial Clinic every Wednesday on Good Morning Hard Rocker Show, stay tuned Hard Rockers!