Provocative Proactive: Kekerasan Pada Relationship

1351
hrfm abusive-relationship

Kekerasan adalah masalah

Dari jaman dulu sampai sekarang, tidak sedikit yang melewati fase dimana hubungan dengan pasangannya diwarnai dengan yang namanya kekerasan. Kasus kekerasan yang muncul beragam, baik itu pasangan heterogen maupun untuk pasangan homogen. Khusus untuk pasangan homogen itu tadi, justru sulit sekali memecahkan kasus ini dikarenakan di negara kita hal tersebut masih tabu akan hal tersebut.

Di Provocative edisi 3 Juli 2013, Adriano Qalbi kedatangan dua orang nara sumber dari Pamlet, sebuah organisasi anak muda yang melakukan riset tentang isu anak muda dan membantu gerakan kemanusiaan serta dari Suara PKBI, sexual and reproductive rights.

Menurut data dari komnas perlindungan perempuan, ada sekitar 1299 korban kekerasan dalam suatu hubungan baik hubungan pasangan heterogen maupun homogen. Oleh karena inilah dibuat gerakan ‘ini peduli’ dan ikut andil dalam membantu para korban kekerasan untuk bangkit dari keterpurukannya.

Kekerasan adalah sebuah tindakan yang menimbulkan ketidaknyamanan, not only physical abuse tapi juga verbal maupun emotional, seperti membentak, mengatur, maupun mengontol hidup seseorang secara berlebihan.

Efek bagi korban kekerasan?

Banyak sekali kasus yang terjadi hingga menimbulkan ketidaknyamanan korban, seperti mengalami guncangan psikis maupun mental yang berujung pada trauma mendalam, bahkan menjadi momok menakutkan dalam dirinya. Kasus pelecehan seksual seringkali menimpa perempuan, baik dilakukan oleh pasangannya atau dari orang-orang disekitarnya.

Beberapa korban tindak kekerasan biasanya merasa takut untuk keluar dari zona dimana ia harusnya keluar dari lingkaran tersebut. Butuh waktu dan keberanian yang cukup untuk meyakinkan diri, ada yang membutuhkan waktu bertahun-tahun sampai akhirnya bisa terlepas dari hubungan yang tidak sehat karena adanya tekanan dari dalam atau ancaman-ancaman yang menghampiri.

Solusinya?

Terlalu banyak orang yang berusaha memberikan masukan dengan cara yang sebetulnya terlihat menghakimi si korban tanpa memberikan solusi seperti “udah sih putusin aja ribet banget”, “lagian sih lo pake baju nya gak bener” dan banyak hal yang justru malah membuat si korban lebih merasa terintimidasi akan hal ini.

Banyak proses yang sebetulnya harus dilewati, membangun self esteem yang kuat juga menjadi senjata terhindar dari kekerasan semacam ini, meyakinkan bahwa diri sendiri lebih berharga dari segala-galanya juga salah satu hal yang penting. Jika sudah terlanjur mengalami, sebaiknya menceritakan masalah tersebut ke orang terdekat, jika mengalami yang lebih parah lagi bisa melaporkan diri ke pihak berwajib atau lembaga-lembaga yang peduli akan kasus ini seperti woman/human crisis center.

Untuk info lebih lanjut mengenaik hal-hal yang berhubungan dengan semua ini Hard Rockers bisa follow twitter @_pamflet atau @suaraPKBI dan bisa juga mengunjungi www.guetau.com.

So, love your self before you love others.

Hubungan yang sehat adalah hubungan yang bisa saling mengisi, melindungi dan menjaga satu sama lain.

Dengarkan terus Provocative setiap hari Rabu jam 9 sampai 10 malam untuk mendapatkan banyak hal yang menginspirasi Hard Rockers.