“Sabang Merauke”

1383
51f11ad0dbf3ecac1f00002c

Sabang Marauke, merupakan sebuah gerakan anak muda yang dibentuk sejak 28 Oktober 2012 di tiga kota yang berbeda (Jakarta, Bogor, Tanjung Pinang) bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Coach Rene dari FluxMe mengajak Fury dan Putri dari Sabang Merauke untuk berbagi pengalaman seputar gerakan yang mengajak muda-mudi Indonesia untuk saling berbagi ilmu seputar pendidikan dan toleransi antar anak-anak (batas usia Sekolah Menengah Pertama) di seluruh Indonesia.

Mengingat toleransi dalam bermasyarakat itu penting, maka Sabang Merauke ini dibentuk. Dengan format pertukaran 10 pelajar SMP dari seluruh Indonesia darii pedalaman yang kemudian datang ke Jakarta untuk diberikan ‘workshop’ selama dua minggu. Mereka semua akan diberikan ilmu pendidikan, ke-Indonesiaan dan tidak lupa, toleransi. Bersama dengan “keluarga baru” yang disebut FSM Family Sabang Merauke yang berlatar belakang berbeda (baik dari segi agama dan latar belakang budaya).

Banyak hal yang diberikan Sabang Merauke untuk anak-anak tersebut, seperti bagaimana cara mengantri di tempat dan kendaraan umum, membuat essai, serta berkunjung ke tempat-tempat yang belum pernah mereka kunjungi, seperti ke tempat wakil gubernur DKI Jakarta, Ahok, mengikuti kelas fotografi dan ke tempat-tempat ibadah.

Program ini bukan cuma mengajarkan toleransi kepada anak-anak Indonesia, tetapi juga untuk FSM nya itu sendiri dan juga KSM (Kakak Sabang Merauke) yang ikut mendaftar menjadi bagian dari project Sabang Marauke ini di www.sabangmarauke.org.

Gimana? Inspiratif banget kan? Kalau mau tahu lebih jelas tentang program ini bisa klik ke website mereka (alau Hard Rockers tertarik bisa langsung log in kok) atau follow twitter-nya di @SabangMaraukeID.

Dengerin banyak hal inspiratif setiap minggunya di FluxMe yang hadir setiap Kamis hanya di Good Morning Hard Rockers Show.