Serunya berpetualang dari Pulau ke Pulau di #ExploreNusantara Taman Nasional Komodo

1330
0
Labuan Bajo
Ini dia yang ditunggu-tunggu! Berenang bersama Manta!

#ExploreNusantara lanjut ke Manta point yang dikenal sebagai harta karun terpendam wisata bahari di kepulauan Flores. Kami sempat pesimis karena sedang saat itu tidak musim manta, namun sepertinya keberuntungan masih berpihak pada #ExploreNusantara bersama Pesona Indonesia di pertengahan Oktober lalu. Saat itu, kami lihat lebih dari lima manta berenang mendekati kapal. Tak heran dong, apabila kami langung turun menikmati pesona manta dari dekat.

Bertolak dari Manta Point, tibalah kami di Pulau Kanawa yang merupakan surga tersembunyi di Kepulauan Flores. Luasnya kurang lebih sekitar 32 hektar, para peserta langsung disuguhi pemandangan biru laut yang bisa dilihat dari dermaga kayu sepanjang 50 meter.

Pasir putih yang mengeliligi pulau, jernihnya air laut, gugusan pulau-pulau kecil di sekitarnya, dan lagu-lagu yang menghiasi hari itu, tentu membuat kami semakin menikmati pesona Pulau Kanawa yang indah sambil leyeh-leyeh di bibir pantai. Perjalanan kami di Pulau Kanawa ini menutup hari ketiga tersebut dengan manis.

Hari keempat. Kami melanjutkan perjalanan dari The Jayakarta Hotel menuju Gua Batu Cermin. Menyusuri jalan setapak yang dihiasi bambu-bambu, kami pun memasuki gua dengan peralatan lengkap, seperti helm dan senternya. Gua ini nyatanya sempat berada di permukaan laut 50-100 juta tahun yang lalu, tak heran apabila banyak fosil-fosil terumbu karang, penyu, serta bekas pusaran air laut di sana.

Labuan Bajo
Foto bersama di Gua Batu Cermin

Tentu kamu penasaran dong mengapa gua ini disebut Gua Batu Cermin? Pasalnya tidak ada cermin satupun yang menghiasi dinding.

Hal ini disebabkan oleh pantulan cahaya matahari pada pukul 12.00 WITA yang masuk ke sebuah lubang kecil berdiameter 1 meter sehingga genangan air di tanah memantulkan cahaya ke dinding, stalaktit, dan stalakmit gua. Hal inilah yang membuat gua tersebut dinamakan sebagai Gua Batu Cermin.

Untuk masuk ke dalamnya, kami harus merangkak kira-kira sejauh 6 meter dari pintu masuk dan 6 meter kembali ke tempat sebelumnya. Untuk kamu yang takut kegelapan dan ruangan sempit, hati-hati ya!

Perjalanan diakhiri dengan makan siang di Exotic Restaurant dimana tepat di depannya terdapat toko souvenir khas Komodo.

#ExploreNusantara bersama penyiar, peserta, dan pemenang kuis #SongCoverContest kali ini tentu menjadi perjalanan yang mampu membangun rasa kekeluargaan dan kebersamaan antara penyiar, peserta, juga pemenang kuis #SongCoverContest dari masing-masing radio. Sungguh ini merupakan pengalaman yang luar biasa!

Jangan lewatkan berita-berita menarik lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainment! Streaming terus Hard Rock FM di sini!

[teks Fiona Yasmina | foto Ade Maulana & Echo Santoso]

Baca juga:
Lagu Coldplay mana yang mewakili perasaan lo?
“Les Cactus” single kedua dari The Last Shadow Puppets
Wow! Shawn Mendes geser posisi jawara The Weeknd dari chart Top41!