The Lady Who Swings : From Film To Yoga

1349
hrfm nia lws

The Lady Who Swings edisi 24 Juli 2013 bersama Aimee Saras kedatangan wanita yang film-filmnya selalu mengangkat isu kontroversial. Ibu dua anak ini bercerita banyak tentang perkembangan film Indonesia yang memberinya sebuah tantangan tersendiri. Menurutnya, masih banyak film-film yang bisa dibilang belum ‘matang’ secara konsep maupun eksekusinya. Belum lagi pasar perfilman dalam negeri juga masih diisi dengan (lagi-lagi ya) film horor ‘esek-esek’ yang justru lama bertahan di bioskop-bioskop Indonesia dibandingkan film Indonesia yang berkualitas. Bicara soal film, Aimee juga sempat bertanya pentingkah lembaga sensor menurut seorang Nia Dinata, jawabannya “Nggak!” karena yang dibutuhkan itu klasifikasi film seperti yang udah diterapkan di luar negeri, film-film yang ada dibagi atas batasan usia yang jelas.

Menurut Teh Nia lagi, sebetulnya orang-orang sempat meng-campaign-kan yang namanya #KamisMenonton di sosial media, tapi hal itu nggak berlangsung lama. Buktinya, sekarang banyak orang yang udah jarang pergi ke bioskop untuk menonton film lokal. Hal lainnya adalah banyaknya pilihan untuk memenuhi gaya hidup selain pergi nonton. Salah satu contoh, banyaknya konser musik, akhirnya weekend yang biasa pergi ke bioskop, lebih memilih untuk menonton konser musik. Rutinitas pun bergeser.

Singkatnya kalau kata Teh Nia yang mengambil kuliah jurusan Jurnalistik ini, “Film Indonesia banyak yang bagus, tapi penontonnya yang belum menjadikan nonton suatu kebiasaan”

Ngomong-ngomong soal kebiasaan, ternyata Nia Dinata bukan cuma memiliki kebiasaan melakukan Yoga, tapi pernah terobsesi pada hal ini. Berawal dari sering melihat kaum hippies di Manhattan yang rajin ikutan yoga dan membuatnya penasaran, tapi sayangnya baru bisa dilakukan setelah melahirkan anak kedua (lama juga ya). Menurut ibu yang satu ini, yoga itu menenangkan, banyak yang bisa dipelajari dari yoga. Gerakan-gerakannya berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, “Yoga, learn to accept our body. Yoga is addictive. We can get high without any substance” begitu katanya.

Semua yang diundang di The Lady Who Swings pasti seru-seru, nggak mau kelewatan lagi bintang tamu minggu depan kan? Gak akan kalah seru dengan Nia Dinata dan yang pernah hadir lainnya. Dengerin terus The Lady Who Swings setiap hari Rabu jam 10 malam hanya di 87,6 Hard Rock FM.