Zakat

1708
Zakat1

Sedekah dan zakat itu berbeda, sedekah tidak wajib, sebaliknya zakat adalah wajib dengan beberapa ketentuan.

Zakat termasuk kedalam rukun Islam yang ke 3, zakat sendiri adalah jumlah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya seperti fakir miskin menurut ketentuan yang telah ditetapkan hukum islam.

Zakat terdiri dari dua jenis:

1. Zakat fitrah, yang wajib dikeluarkan menjelang hari raya Idul Fitri di bulan suci Ramadan. Besarannya setara dengan 3,5 liter atau 2,7 kilogram beras yang dimakan.

2. Zakat maal atau zakat harta, dikeluarkan seorang muslim mencakup hasil perniagaan, pertanian, pertambangan, hasil laut, hasil ternak, harta temuan, emas dan perak termasuk reksa dana. Masing-masing jenis memiliki perhitungannya sendiri-sendiri.

Membayar zakat juga memiliki perhitungan sendiri. Ligwina Hananto dari QM Financial menjelaskan bahwa membayar zakat harus melewati perhitungan tersendiri, sebagai seorang pekerja, memberikan zakat dari gaji yang dimiliki dilihat dari gaji total yang didapat, bukan dari sisa gaji yang dimiliki. Artinya, Hard Rockers harus membayarkan 2,5% yang didapat dari hasil gaji awal sebelum digunakan untuk zakat.

Bagaimana cara membayar zakat? 

Badan amil zakat nasional atau pengelola zakat yang ada di lingkungan sekitar yang biasanya membantu proses pembagian zakat dari Hard Rockers ke orang-orang yang berhak menerima zakat sepeti Fakir, Miskin, Amil (yang mengumpulkan dan membagikan zakat), Mu’allaf (yang baru masuk Islam dan membutuhkan bantuan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan barunya), Hamba sahaya dan Budak yang ingin memerdekakan dirinya, Gharimin (yang berhutang untuk kebutuhan yang halal dan tidak sanggup untuk membayar), Fisabilillah (yang berjuang di jalan Allah) serta Ibnus Sabil (yang kehabisan biaya saat diperjalanan).

Selain itu, untuk Hard Rockers yang cewek-cewek, juga diwajibkan untuk membayar Fidyah. Fidyah dibayarkan dengan memberikan makan satu orang miskin atau membayar dengan sejumlah uang dikalikan dengan berapa kali tidak menjalankan puasa, tetapi perlu diingat alasan tidak berpuasanya dikarenakan halangan, sehabis melahirkan ataupun sakit keras.

Jadi, sekarang sudah tahu dong bedanya?

Untuk mengetahui informasi seputar Islamic Financial Planing, Hard Rockers bisa mengikuti seminar Financial Series yang diadakan QM Financial hari Rabu, 24 Juli 2013 dengan mendaftarkan diri ke [email protected].

Dan dengarkan terus Financial Clinic di Good Morning Hard Rockers Show setiap hari Rabu jam 8 pagi.