Food combining pasca liburan

1670
0
Food combining

Sajian makanan saat Lebaran lalu yang beraneka ragam tentunya sangat menggoda perhatian Anda. Rasa ingin untuk mencicipi semua menu yang tersedia pastinya akan Anda lakukan. Namun biasanya, setelah mencicipi semua hidangan yang ada, perasaan bersalah mulai muncul dikarenakan kenaikan berat badan, ataupun rasa kekenyangan yang berlebihan sehingga dapat mengganggu waktu setelah liburan Anda.

Sebaiknya Anda perlu mengetahui cara mengonsumsi dan memilih menu untuk menjaga berat badan agar tetap ideal dan sistem pencernaan dapat berlangsung secara efektif.

1. Dianjurkan untuk mengonsumsi green tea di pagi hari, karena kandungan yang terdapat dalam green tea mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Buah-buahan atau jus segar juga wajib dikonsumsi untuk tetap melancarkan sistem pencernaan.

2. Acara kumpul bersama keluarga ditemani dengan suguhan makanan tanpa disadari membuat Anda lupa diri dan tidak dapat mengontrol asupan makanan, sehingga menyebabkan perut kembung dan rasa tidak nyaman. Usahakan untuk tidak mengonsumsi nasi dan daging pada saat bersamaan, kombinasikan daging dengan sayuran agar perut tidak menjadi buncit dan menyeimbangkan kalori yang masuk dalam tubuh.

3. Menu di hari lebaran identik dengan makanan yang kaya akan rasa dan berbumbu seperti, nasi lemak, kari, dan opor ayam. Alternatif lain yang bisa Anda lakukan kini adalah menggunakan santan low fat yang bisa ditemui di supermarket atau mengganti santan dengan susu kedelai. Susu kedelai tentunya lebih sehat apabila dibandingkan dengan santan, karena tinggi protein dan rendah lemak.

4. Memakan salad. Pilih topping yang mengandung banyak sayuran hijau. Tidak terlalu banyak menggunakan mayonnaise pada salad Anda agar kalori yang masuk tetap seimbang.

5. Mengontrol porsi makan juga penting, terutama pada saat dessert time. Terlalu banyak gula yang masuk dalam tubuh dapat menyebabkan diabetes yang nantinya akan berdampak buruk pada kesehatan. Batas konsumsi dessert adalah satu mangkuk kecil dan jangan menyantapnya sampai merasa kekenyangan, karena rasa kenyang yang berasal dari hidangan manis bersifat sementara dan tidak seperti ketika Anda mengonsumsi makanan padat.

(Teks: Mira Moeis ; Foto: Dok. Bazaar)

Source: Harper’s Bazaar Indonesia

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainment! Streaming terus Hard Rock FM di sini!

Baca juga:
Jay Z umumkan album baru 4:44
Hebohnya tantangan #NickiMinajChallenge di internet
Wizzy dan Izza perkenalkan single kolaborasi di chart 10Kita