10 hal yang bisa Anda lakukan untuk menyelamatkan Bumi

764
0
Bumi

Pasti Anda sudah sering dengar bahwa bumi sedang sekarat. Sampah menumpuk, air bersih berkurang, dan polusi ada di mana-mana. Anda tidak perlu menjadi aktivis lingkungan untuk ikut berpartisipasi dalam menyelamatkan bumi. Cara-cara simpel berikut bisa dilakukan semua orang, termasuk Anda. Saatnya memikirkan masa depan yang lebih cerah untuk bumi tercinta!

Turn Off The Lights

Listrik dihasilkan dari bahan bakar fosil yang tidak bisa diperbaharui. Maka dari itu, Anda harus mematikan lampu untuk menghemat energi dan umur bohlam Anda. Anda hanya membutuhkan satu jari saja, kok!

Unplug

Walaupun dalam keadaan mati, beberapa barang elektronik terus menarik listrik. Terutama jika barang tersebut memiliki self-timer untuk menyala dengan sendirinya. Jadi, jangan malas untuk melepas colokan setelah selesai menggunakannya.

via GIPHY

Don’t Let Water Run

Ladies, tidak semua orang memiliki akses pada air bersih. Jadi, saat menggosok gigi, jangan biarkan air tersebut terus mengalir. Begitu juga saat mencuci piring dan mandi.

Use Reusable Bags

Plastic bags are so over! Anda perlu menginvestasikan sebuah shopping bag yang bisa digunakan berkali-kali. Beberapa supermarket sudah menjualnya, lho. Cukup beli satu kali saja dan Anda bisa menggunakannya berkali-kali.

via GIPHY

Ride With Friends

Ingin hemat bensin, hemat energi, dan menyelamatkan bumi? Saat malam mingguan, gunakan satu mobil bersama teman-teman. Tidak hanya eco-friendly, tapi juga membuat malam semakin akrab dan seru!

Take Care of Your Car

Jika Anda harus membawa mobil, maka pastikan mobil Anda dalam keadaan baik. Jangan pernah melewatkan servis kendaraan agar mobil Anda tidak menambah polusi pada udara.

Print on Both Sides

Kertas Anda masih kosong di satu bagian? Artinya Anda masih bisa mencetak di halaman tersebut. Pasti Anda akan mendapatkan nilai plus di kantor karena dianggap peduli dengan lingkungan.

via GIPHY

Change Your Lightbulb

Jika Anda masih menggunakan lampu incandescent atau lampu pijar, saatnya mengganti bohlam Anda menjadi lampu flouresen. Selain lebih terang, lampu flouresen mencegah pemanasan karbon monoksida di atmosfer. Brighter and better!

Go Paperless

Di era modern ini, metode paperless sudah banyak digunakan. Hal-hal yang biasanya membutuhkan kertas, seperti bukti pembayaran, tiket, dan surat, sekarang sudah bisa diakses melalui internet. Mudah dan ramah lingkungan!

Donate

Sebelum membuang barang-barang bekas Anda, coba cek lagi. Apakah masih layak untuk orang lain? Banyak orang membutuhkan pakaian, furnitur, dan barang elektronik. Daripada menambah sampah bumi, lebih baik didonasikan saja. Right? (Sky Drupadi / VP / Image: Doc. Outnow.ch / GIPHY)

Source: Cosmopolitan Indonesia

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainment! Streaming terus Hard Rock FM di sini!

Baca juga:
Tips menciptakan area kerja yang nyaman
Kitty Hawk Flyer: mobil terbang masa kini
Akankah Colin Firth kembali dalam Kingsman 2: Golden Circle?