Diving di Selat Pantar

827
0
Selat Pantar

Hard Rockers pecinta diving, wajib untuk mengunjungi tempat yang satu ini.

Selat Pantar terletak di antara Pulau Alor dan Pantar di Kepulauan Alor, Nusa Tenggara Timur. Keindahan biota bawah lautnya menjadikan tempat wisata ini menjadi lokasi diving yang direkomendasikan oleh banyak wisatawan asing. Bagi penyelam profesional, pesona alam bawah laut di Selat Pantar ini melebihi keindahan Laut Karibia di dekat Amerika Tengah. Fauna unik dan terumbu karang yang indah akan banyak lo temukan di sini. Wajar saja karena Selat Pantar memiliki karakteristik unik perpaduan antara perairan Australia dan perairan Indonesia. Bayangkan ketika sifat dingin dan sifat hangat air bertemu.

Biota sunfish atau mola-mola hanya akan banyak dilihat di perairan ini. Tebing dan jurang di taman bawah laut juga sangat mempesona. Di Selat ini juga tersebar pulau-pulau kecil yang tak kalah indah, seperti Pulau Kepa, Puram Temate, Buaya, dan Kepulauan Tereweng. Ombak di Selat ini begitu kuat dengan harmonisasi suara seperti air terjun. Para divers tentu sudah mengatur jadwal aman untuk menyelam di Selat Pantar. Pada Oktober hingga November, arus laut di sini sangat bersahabat.

Pesona Selat Pantar inilah yang menjadikan banyak wisatawan lokal ataupun asing penggemar diving direkomendasikan berkunjung ke sini. Seperti seorang penulis Kal Muller yang memasukkan Selat Pantar dalam kedua buku yang telah diterbitkannya, “Underwater Indonesia” dan “East of Bali”. Waktunya untuk kita menjadi saksi kekayaan alam bawah laut milik Indonesia nih!