Portuguese Egg Tart, kue yang wajib dicoba kalau ke Macau

2666
0

Setiap tempat wisata pasti memiliki kuliner atau makanan khas yang wajib diburu para traveler. Entah itu makanan berat atau cemilan, pasti menjadi buruan ketika bertandang ke tempat wisata, bahkan nggak sedikit dibawa pulang jadi oleh-oleh.

Termasuk, ketika Hard Rockers berlibur ke Macau. Di negeri yang masuk 10 Destinasi Wisata terbaik dunia tahun 2015, versi Lonely Planet ini juga terdapat makanan khas yang bikin ketagihan ketika memakannya, yaitu Portuguese Egg Tart.

Portuguese Egg Tart memang bukan milik Macau saja. Kue kering ini bisa lo temukan di Portugis, Inggris, dan Hong Kong. Namun bagi Macau, Portuguese egg tart memiliki sejarah sendiri, hingga akhirnya menjadi makanan khas.

Secara singkat, Portuguese Egg Tart hadir di Macau pada tahun 1940, saat Portugis sebagai negara Eropa yang menduduki Hong Kong memperkenalkan custard tart, yang kemudian diadaptasi oleh penduduk Macau, dan dikenal sebagai Portuguese Egg Tart.

So, kenapa sih kue ini begitu spesial dan selalu diburu para wisatawan Macau? Padahal, dilihat sekilas penampilan kue ini memang nggak asing dan simpel. Berbentuk bulat melempeng, didominasi warna kuning. Penasaran?

Alasan utama, karena kue ini memiliki rasa manis bercampur telur dan karamel yang pas. Kelembutan permukaan kue pun nikmat saat ‘mendarat’ di mulut.

Lord Stow Bakery
Lord Stow Bakery

Dengan rasa dan kelembutannya itu, dijamin Portuguese egg tart bakal bikin lo ketagihan. Makan satu, dua, tiga pasti kurang! Ditambah ukurannya yang nggak terlalu kecil, juga nggak besar bikin rasa penasaran jadi berlipat ganda saat menikmatinya.

Selain rasanya yang enak, kue ini pun bebas dari bahan pengawet, sehingga aman untuk dikonsumsi. Itu sebabnya, karena disajikan tanpa bahan pengawet, Portuguese Egg Tart pun nggak bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Sekali dibeli, enaknya langsung makan saat hangat-hangat baru dimasak.

Jadi tambah gregetan kan sama kue ini? Enak, sehat, tapi nggak bisa jadi oleh-oleh ketika pulang ke tanah air.

Eitss… Nggak usah sedih Hard Rockers, meski nggak bisa dibawa pulang, tapi Egg Tart bisa jadi ’teman’ ketika lo berwisata, atau shopping di Macau.

Pasalnya, hampir disetiap sudut kota, pusat perbelanjaan pasti menjajakan Portuguese Egg Tart. Nah, makin komplit deh liburan lo di Macau, bisa jalan-jalan sambil melahap satu demi kue Egg Tart.

Tapi, kalau lo pengen ke tempat yang spesial menyajikan Portuguese egg tart, silahkan mampir ke Lord Stow’s Bakery & Cafe yang terletak di 1 Rua da Tassara, Coloane Island, Macau. Di toko bakery yang sudah buka sejak 1989 ini, satu egg tart dihargai sekitar MOP 8 atau sekitar 11 ribu rupiah.

Penasaran dengan Portuguese Egg Tart khas Macau? Kalau gitu jangan sampai nggak nyobain ketika bertandang ke Macau ya. Ayo deh, atur liburan ke Macau sekarang juga.