Melancong di Tengah Sungai Mahakam : Pulau Kumala Tenggarong

1596
0

Liburan kali ini Hard Rockers diajak untuk melihat objek wisata utama di Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai, Kalimatan Timur.

Waktunya berlibur di Pantai Kumala! Awalnya pantai ini hanyalah sebuah delta sungai yang terendam jika air sungai Mahakam meluap. Pada tahun 2002, Pulau Kumala barulah diresmikan menjadi objek wisata karena potensi keindahan alamnya yang terletak di tengah sungai Mahakam, berbentuk kapal. Kini Pulau Kumala menjadi tempat wisata yang sukses menggabungkan teknologi modern dan tradisional budaya Kalimantan Timur, budaya Dayak, dan Budaya Jawa.

Pemandangan budaya yang dapat dilihat, seperti rumah Lamin, Pulau kuil Stake dan patung Lembuswana yang terbuat dari tembaga. Patung ini memang sengaja ditempatkan di ujung jembatan Pulau Kumala dan diarahkan menghadap ke Kutai Kertanegara. Pulau Kumala juga menyajikan berbagai wahana dengan teknologi modern seperti, Sky Tower dengan ketinggian 75 meter, kereta mini, mobil wisata, kereta gantung, trampoline, dan arena bermain lainnya. Penginapan dan restoran juga bisa ditemukan disini. Walaupun ditengah sungai, Pulau Kumala mudah diakses. Harga akomodasi selama berlibur disini pun masih sangat terjangkau. Tertarik?!