Museum, Atau Rumah Hantu?

2930
0
dupuytren paris

Museum dan sejarah memang tidak pernah bisa dipisahkan. Namun biasanya, museum menyimpan cerita tentang sejarah-sejarah besar. Kejadian penting, atau orang-orang besar, misalnya. 

Padahal, sejarah itu tidak cuma tentang peristiwa-peristiwa agung. Orang gila, penyakit, hingga narapidana, juga bisa dipelajari melalui sejarah. Hal-hal yang creepy dan termasuk dalam mimpi buruk kita, juga bisa kok. Seperti museum-museum berikut ini. 

Sama seperti museum pada umumnya, nuansanya tua dan suram. Tetapi yang lebih mengerikan, ialah sejarah yang diceritakan di dalamnya. Bukan sejarah peristiwa besar, tetapi peristiwa yang bikin trauma dan sangat menakutkan. 

So, beranikah kamu untuk menjelajahi museum-museum ini?

1. Musee DupuytrenParis

Paris dan museum. Yang muncul di benak Anda pastilah benda-benda semacam La Joconde [Monalisa], dan ukiran-ukiran agung dewa-dewi Olympus. Namun Museum Dupuytren ini beda. Di dalamnya, niscaya kamu tidak akan menemukan keindahan ala jaman keemasan, ataupun keagungan karya-karya Yunani. Alih-alih, kamu bakal menemukan hal-hal semacam….organ tubuh yang cacat.

So, kamu harus menahan mual saat melihat janin-janin cacat di dalam toples, anomali organ seperti hati, otak, dubur, dan lain sebagainya. Ada yang cuma replika sih, tapi banyak juga yang diambil dari organ asli mayat, yang diawetkan. 

 

2. Museum of The Mummies, Guanajuato, Meksiko

museum mexico

Mumi tidak cuma ada di Mesir. Dan kalau di Mesir muminya halus, dimumikan dengan upacara tertentu, lain dengan mumi di museum ini. Mumi-mumi ini adalah mayat-mayat manusia yang dibakar hidup-hidup saat wabah kolera menyerang. Maka dari itu, banyak mumi yang terlihat seperti berteriak kesakitan. Dan ada juga, mumi berupa janin yang tengah dikandung seorang wanita penderita kolera.

Hmm, this museum is such a..nightmare.

3. The Museum of Death, Los Angeles.

museum of death

Kematian saat perang atau tokoh-tokoh besar di dalam museum sih, sudah biasa. Tapi di museum ini, berbagai kematian orang-orang “biasa” juga turut diceritakan. Mulai dari yang mati karena dibunuh oleh psikopat, hingga yang mati karena bunuh diri. Semua foto dan replikanya ada. 

Bahkan, ada pula video-video yang menceritakan tentang orang-orang sekarat, juga mereka yang menyampaikan pesan bunuh diri. Suasana museum ini pun amat muram dan sunyi, layaknya rumah duka.

4. Meguro Parasitological Museum, Meguro

animal-parasites-meguro-parasitological-museum-tokyo-japan

Parasit adalah hal yang menjijikkan sekaligus berbahaya. Amit-amit deh, dekat-dekat dengan makhluk semacam itu. Tapi kalau kamu mau tahu jenis-jenis parasit dan penyakit yang dibawa oleh mereka, kamu harus mengunjungi museum ini. Terletak di Meguro, Jepang, museum ini tidak cuma menampilkan parasit-parasit yang diawetkan. Tetapi juga hewan-hewan yang mati akibat parasit tersebut. Diawetkan juga, sih. Tapi tetap saja, menjijikkan. « [teks @intankirana| foto berbagai sumber]