Tips traveling hemat ke Jepang

1741
0
Jepang

Jepang menawarkan banyak pesona yang sulit ditolak, mulai dari keindahan sakura dan Gunung Fiji, mencoba cepatnya Shinkansen, hingga belanja hingga pegal di Shibuya. Tapi momok jalan-jalan ke Negeri Sakura yang terkesan mahal ini tak jarang bikin nyali banyak orang ciut duluan.

Tips berikut bisa Anda praktikkan jika ingin berlibur murah ke Negeri Matahari Terbit. Let’s plan a trip to Japan!

1. Tiket pesawat

Biasanya, banyak orang masuk ke Jepang lewat Bandara Narita (NRT), Tokyo Haneda (HND), atau Kansai (KIX) di Osaka. Padahal jika Anda datang lewat Bandara Osaka atau Itami (ITM), tiket pesawatnya bisa jadi lebih murah. Umumnya, harga tiket pesawat pp Indonesia-Jepang-Indonesia berkisar Rp6,000,000,- hingga Rp8,000,000,-. Tapi Anda juga harus aware, karena jika ada promo, harga tiket ini bisa turun hingga setengahnya!

2. Perhatikan Musim di Jepang

Haru atau musim semi (bulan Mei-Juni) dan Natsu atau musim panas (bulan Juli-September) adalah waktu favorit wisatawan untuk berlibur ke Jepang. Tak heran jika harga tiket pesawat ke Jepang di bulan ini lebih mahal dibanding saat Fuyu atau musim dingin (bulan Desember-Februari).

Jika ingin terbang dengan tiket murah, berangkatlah di musim dingin. Tapi tenang, banyak hal yang bisa Anda lakukan di musim dingin di Jepang lho. Seperti menikmati ski resort di Hokkaido hingga menikmati indahnya gunung Fuji yang bersalju.

3. Transportasi Dalam dan Luar Kota

Jepang memiliki salah satu sistem transportasi terbaik di dunia – yang juga tergolong sangat mahal. Biaya bolak-balik naik Shinkansen saja bisa berkisar 12ribu-40ribu yen atau sekitar Rp1,300,000,- hingga Rp5,000,000,- (OMG!).

Nah, cara terbaik untuk berkeliling Jepang adalah menggunakan Japan Railway Pass (JR Pass). Anda bisa gunakan kartu ini untuk berkeliling tanpa batas di Jepang selama 7, 14, hingga 21 hari di jalur kereta Jepang, termasuk Shinkansen.

Contoh, harga tiket pp Tokyo-Osaka 29ribu yen, sementara JR Pass selama 7 hari berharga 29,110 yen. Lebih hemat, kan?

Ada juga tiket terusan 5 hari Seishun 18 Kippu seharga 11,580 yen (sekitar 1,5juta rupiah). Dengan tiket ini, Anda bisa mengelilingi seluruh rute kereta api lokal di Jepang, mulai dari Hokkaido hingga Kyushu. Saran, jika tidak terpaksa, hindari menggunakan taksi karena harga buka pintunya adalah 710 yen (sekitar Rp 75.000!).

via GIPHY

4. Atur Bujeting

Nah, ini penting sekali. Untuk menghemat semua pengeluaran, Anda harus mengatur rencana perjalanan jauh-jauh hari sesuai anggaran yang ada. Jangan lupa juga untuk menyiapkan dana cadangan. Ingat juga jika Jepang memiliki banyak titik menarik dari Sapporo hingga Nagasaki. Anda tidak perlu ngoyo untuk mengunjungi semua tempat di Jepang dalam sekali perjalanan. Ingat, selalu ada alasan untuk kembali.

5. Akomodasi

Usahakan cari tempat penginapan di pusat kota yang dekat dengan stasiun kereta. Banyak kok hostel murah yang bisa Anda temui di Jepang. Di Tokyo saja banyak hostel yang kisaran harganya 2ribu yen atau Rp230ribu-an/malam di area Shinjuku dan Shibuya.

6. Makanan

Ada banyak supermarket (konbini) yang menjual onigiri hingga bento yang rasanya tak jauh beda dengan restoran. Kalau ingin makan sushi, cari Kaiten Sushi untuk merasakan sushi asli Jepang.

Jangan lupa juga banyak street food super-yummy di sana, mulai dari tempura, okonomiyaki, karage, hingga takoyaki. Cafe dan restoran menggemaskan juga banyak di Tokyo, seperti Cafe Hello Kitty.

Tetapi jika ingin berhemat, tempat-tempat itu sebaiknya dihindari karena harganya bisa 5-10 kali lebih mahal.

7. Shopping

Belanja suvenir tergolong mahal di Jepang, tapi beberapa cenderamata lucu bisa ditemukan di beberapa supermarket seperti Daiso, Can Do, Seria, atau Silk yang menjual semua barang 100yen. Jika ingin belanja di pertokoan, daripada mengunjungi area Ginza, Anda bisa coba belanja di pinggiran kota seperti Aeon atau Ito-Yokado. Selamat traveling hemat di Jepang! (Vidi Prima / SW / Image: doc. Vladimir Zhoga / Shutterstock / Clickphotos)

Source: Cosmopolitan Indonesia

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainment! Streaming terus Hard Rock FM di sini!

Baca juga:
Tips jitu untuk sukses melamar kerja
Cerdas bernegosiasi ala mendiang Steve Jobs
Trik sulap jari-jemari ini bisa buat mata terbelalak