Wisata anti mainstream ke Pulau Rinca!

4070
0
Pulau Rinca
Nikmati trekking menegangkan di Pulau Rinca! | aleskolodej

Untuk kalian yang suka liburan anti-mainstream dan ingin mencari tempat destinasi wisata yang masih jarang terjamah, kayaknya kalian harus banget nih nyobain traveling ke Pulau Rinca.

Pulau Rinca terletak di Kabupaten Manggarai Barat, bagian barat Pulau Flores dan masih masuk wilayah Taman Nasional Komodo. Untuk mencapai Pulau Rinca, Hard Rockers membutuhkan waktu selama 2 jam naik kapal motor dari Labuan Bajo.

Walaupun komodo terkenal berada di Pulau Komodo, ternyata Pulau Rinca ini juga merupakan habitat komodo. Bahkan jumlah populasinya lebih banyak dibandingkan Pulau Komodo lho, Hard Rockers!

Dengan luas sekitar 19.000 hektar, jumlah komodo di Pulau Rinca mencapai 2.318 ekor, sedangkan Pulau Komodo hanya 2.126 ekor.

komodo
Pulau Rinca memiliki populasi komodo yang lebih banyak dibandingkan Pulau Komodo | gudkovandrey

Pertama kali masuk ke Pulau Rinca, kalian akan disambut dua patung komodo besar setinggi 3 meter yang merupakan gerbang atau titik awal melakukan trekking di pulau ini.

Di Pulau Rinca, kalian akan ditemani seorang ranger atau biasa disebut pawang untuk melakukan trekking.

Jelajah di Pulau Rinca terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu trek pendek, sedang, dan juga trek panjang. Masing-masing trek sepanjang 2 sampai 8 kilometer, dan bisa menghabiskan waktu selama 1 sampai 2 jam.

Buat kalian yang suka petualangan, disarankan untuk memilih trek panjang karena di sini bisa menjumpai komodo dengan berbagai ukuran dan juga lebih besar. Jadi jangan lupa siagakan kamera mirrorless! Sayang banget deh kalau petualangan ini nggak diabadikan dan masuk di Instagram kalian.

Tidak hanya komodo, ternyata beberapa hewan lain juga bisa dijumpai di sini, seperti rusa, kerbau, sampai babi. Walaupun liar, hewan-hewan ini tetap dilindungi sehingga berbagai bentuk perburuan dilarang di sini.

Pulau Rinca
Siap trekking di Pulau Rinca, Hard Rockers?? | bandanar

Selain itu, kalian juga akan disuguhkan oleh pemandangan Pulau Rinca yang sangat mempesona, Hard Rockers!

Pulau Rinca merupakan perbukitan padang savanna, di mana kalian pasti akan merasa seperti di Afrika saat berada di sini. Menanjak, menurun, melewati bebatuan, dan hutan. Pohon-pohon hanya bisa kalian lihat di dekat sumber mata air, yang biasanya jadi tempat komodo berkumpul.

Pemandangan semakin mempesona saat Hard Rockers sampai di puncak bukit. Warna biru membentang di sekeliling kita, membentuk suatu gradasi warna antara lautan dan langit yang sangat amat memanjakan mata.

Belum lagi ditambah dengan pemandangan perbukitan dan pohon-pohon hijau yang membuat Pulau Rinca ini semakin mempesona. So, mau cobain pengalaman liburan yang berbeda dan menegangkan?? Yuk, ajak temen-temen kalian liburan ke Pulau Rinca!

Hard Rockers, jangan lupa follow social media Pesona Indonesia yaa!

Facebook: Indonesia.Travel
Instagram: @indtravel
Twitter: @indtravel
YouTube: Indonesia.Travel
Google +: Indonesia.Travel

[teks Dimas Muchli | foto aleskolodej, bandanar, & gudkovandrey]


Hard Rockers mau traveling ke Pulau Komodo gratis bareng penyiar Hard Rock FM?? Yuk, ikutan Pesona Indonesia song cover contest! Mau tau gimana caranya, kamu bisa lihat di sini!