4 langkah mudah untuk memulai clean eating

1411
0
clean eating

Menurut pengertian, clean eating berarti mengkonsumsi makanan yang sedapat mungkin mendekati bentuk alaminya. Ini bisa berarti meminimalisir asupan yang mengalami pemrosesan seperti olahan pabrik dan lain sebagainya. Sekilas terdengar simpel, namun mungkin tidak begitu kenyataannya saat Anda mencobanya sendiri.

Lihatlah sekeliling Anda, begitu banyak kemudahan yang ditawarkan oleh gaya hidup modern dewasa ini. Mulai dari fast food hingga makanan kalengan, semua mengiming-imingi Anda dengan konsep instan yang sayangnya belum tentu baik bagi kesehatan.

Tentu saja, clean eating memang tak dapat diraih dalam waktu singkat. Namun untuk mencapainya tanpa harus kerepotan, jajal beberapa strategi sederhana berikut.

1. Ganti mentega Anda dengan puree alpukat

Substitusi mentega dengan lemak nabati yang berasal dari alpukat. Berkat teksturnya yang creamy, Anda tak hanya mendapatkan panganan sehat namun juga lezat.

2. Ganti telur Anda dengan chia seeds

Siapa sangka, chia seeds yang telah direndam cairan hingga berbentuk seperti jeli ternyata bisa dipergunakan untuk meniru emulsi telur dalam resep Anda. Hal ini terutama berguna apabila Anda alergi terhadap telur atau karena semata-mata ingin menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Ganti pasta Anda dengan potongan zucchini

Say hello to zoodles! Selain mengurangi konsumsi karbohidrat dari pasta, Anda juga langsung bisa menyantap kebutuhan akan porsi sayur hari itu.

4. Ganti sirup Anda dengan compote buah

Sebagai topping panekuk, Anda pasti kerap tergoda untuk menuangkan maple syrup yang dibeli dari pasar swalayan. Cobalah untuk menukarnya sejenak dengan compote buah-buahan seperti apel, blackberry, nanas, dan Anda akan terkejut dengan rasanya yang sama enak namun dengan keunggulan nilai nutrisi. Lakukan hal yang sama dengan selai cokelat pada roti Anda.

Source: Harpers Bazaar

Jangan ketinggalan info terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainment, streaming terus Hard Rock FM di sini!

Baca juga:
Coworking Space baru di ibu kota
Batasi teh dan kopi Anda, sekarang!
Cara lampiaskan amarah dengan sehat