Apple Bakal Hadirkan Kecerdasaan Buatan ChatGPT di iOS 18

16

Apple dikabarkan akan bekerjasama dengan OpenAI untuk menghadirkan teknologi kecerdasaan buatan (AI) pada iPhone. Teknologi yang akan hadir di iOS 18 ialah ChatGPT, milik OpenAI.

Hadirnya ChatGPT di iOS 18 ini merupakan salah satu langkah Apple untuk menghadirkan kecerdasaan buatan di perangkat iPhone. Apple akan menjadi perusahaan kedua yang menyusul Samsung untuk mengadopsi AI untuk fitur circle to search hingga Imstat Slow-Mo di perangkatnya.

Melansir dari Gizmochina, selain akan menghadirkan ChatGPT, Apple juga dikabarkan sedang berdiskusi tentang teknologi serupa dengan Google (Gemini). 

Berbeda dengan OpenAI, diskusi Apple dengan Google belum mendapat kepastian apapun, dan dikabarkan masih terus berlanjut.

Sejak tahun lalu, Apple sudah berencana membuat kecerdasaan buatan di agenda Apple Worldwide Developer Conference (WWDC). Melansir dari Bloomberg, untuk mewujudkan ambisi ini, perusahaan akan menjalankan beberapa fitur AI yang akan hadir melalui pusat data dengan chip produksi mereka sendiri.

CEO Apple Tim Cook mengakui bahwa mereka menggunakan ChatGPT, dan Apple diklaim akan memiliki keunggulan dalam memanfaatkan AI di perangkatnya.

“Kami percaya pada kekuatan transformatif dan janji (terhadap) AI. kami yakin kami memiliki keunggulan yang akan membedakan kami di era baru ini, termasuk kombinasi unik Apple dalam integrasi perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan yang mulus,” kata Cook, dilansir dari kumparan.