Bayu Oktara dan Cerita Java Jazz Festival 2013

563
0
hrfm musik jjfbayu3

Mulai dari jarak yang jauh, lay out yang membingungkan, parkiran yang susah, panas, dan masih banyak lagi. Tapi sekarang anggapan itu berubah. Karena tiap tahun penyelenggaraannya, panitia selalu melakukan perbaikan. Terlihat mereka melakukan evaluasi dengan baik. Dan tahun 2013, banyak surprise yang saya temukan di javajazz ke 9 ini.

Hal yang cukup mengagumkan adalah sistem jadwal menggunakan cara digital dengan ditempatkannya monitor touch screen di banyak tempat. Lay out panggung pun kali ini lebih teratur, dengan mudah kita bisa menemukan mana venue untuk festival band, booth sponsor atau komersil. Sekali lagi saya mendapat surprise, kali ini dari booth Shure. Musisi legenda Indonesia, Oddie Agam merayakan kiprahnya selama 4 dekade di musik Indonesia, dengan tampil di sana. Menggunakan sebuah organ klasik, musisi era 80an itu memainkan hits-hits nya di jamannya seperti Surat Cintaku, Logika, Antara Anyer dan Jakarta, Memory, dll. Satu momen yang istimewa melihat seorang legendaris bisa sedekat itu dengan fansnya.

Kemudian saya menuju satu area dimana The Groove tampil di sana. Rieka Roslan tetap ciamik dibalik balutan kostum yang unik, Reza dengan goyang kaki khasnya, dan kali ini fans mendapat surprise dengan kolaborasi mereka dengan Monday Michiru. Musisi Jepang-Amerika yang sekarang membintangi iklan sebuah produk kecantikan, di usia 40an! Di hall ini suasananya memang benar-benar seperti reuni tahun 90an, dimana musik pop jazz The Groove merajai panggung on air dan off air, yang sekarang tidak mereka lakukan lagi. Satu surpise lagi dari mereka adalah berita bahwa mereka sedang mengerjakan album baru, wow!!

Dan yang tidak boleh dilewatkan di hari ke-3 Java Jazz itu adalah special show, Craig David. Meski ini bukan konser pertamanya di sini, fans sudah mengantri untuk menyaksikan performance musisi R&B asal Inggris ini, sejak pukul 17.00. Padahal di jadwal, shownya sendiri baru akan dimulai 2,5 jam lagi. Mereka rela antri dari luar hall pertunjukan, meski Kemayoran malam itu sempat diguyur hujan. Alhasil, begitu lagu ‘What’s Your Flava‘ pertama dimainkan, hampir setengah pengunjung dalam hall itu basah… Bukan keringetan ataupun yang lain, tapi karena sebelumnya kehujanan.

Di tengah show nya, tiba-tiba muncul turn table ke tengah stage. Ternyata Craig David memberikan surprise buat fansnya. Dia memainkan hits R&B dari TLC, Neyo, Rihanna, dan ditutup rewind nya sendiri yang akhirnya dimainkan live. Stage act yang luar biasa. Feels like we had an R’nB Party with DJ Craig on deck! Dan setelah itu dia lanjut lagi, full 15 lagu dimainkan malam itu. What a rockin’ performance, and he nailed it again!

Element of surprise memang penting supaya kita tetap mendapat perhatian. Kalo kata orang, itu namanya inovasi. Satu produk yang canggih sekalipun, tanpa memikirkan pengembangan dan inovasi, pasti akan mulai ditinggalkan.. Boring… !! Pacaran aja kalo ngebosenin, pasti ditinggalkan kan.. Jadi kalau sudah merasa ada di titik yang terlalu nyaman, mungkin saatnya harus memikirkan ide ide baru yang bisa memberikan perbedaan dan perubahan dari yang sudah ada. Mungkin perubahan yang dilakukan kadang tidak seindah sebelumnya. Tapi bisa jadi itu adalah jalan menuju titik baru di level yang baru yang akan memberikan tantangan baru. Dan pasti menyenangkan saat adrenaline rush terasa dengan adanya kejutan baru. Surpriseeee…!!!

 

(Bayu Oktara adalah penyiar Good Morning Hard Rockers show di Hard Rock FM setiap Senin-Jumat pukul 06.00 WIB – 10.00 WIB.)