Hemat Ke Raja Ampat

618
0
2011-01-27-images-jamesmorgan1

Siapa yang gak kenal dengan salah satu keindahan bahari Indonesia yang lagi jadi sorotan manca negara ini. Raja Ampat punya empat gugusan pulau, seperti Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta. Letaknya yang ada di ujung Indonesia tepatnya di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Untuk bisa menempuh tempat ini, dibutuhkan waktu 6 jam dari Jakarta ke Sorong via Menado selama 6 jam penerbangan.

Nah, kalau berencana untuk berlibur ke sana, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari agar bisa sedikit lebih ‘hemat’, seperti:

1. Cari Tiket Promo

Banyak maskapai penerbangan yang saat ini menawarkan harga tiket promo yang jauh lebih murah. Penerbangan ke Sorong juga masuk ke dalam rute perjalanan beberapa pesawat komersil di Indonesia. Seperti yang diadakan kemarin (18-19 Desember 2013), Garuda Indonesia dengan promo up to 50% untuk semua rute perjalanan dengan mobile ticketing-nya, di pelataran parkir gedung Sarinah, hal-hal seperti itu bisa banget lho dipergunakan.

2. Penginapan Murah

Percaya deh, jika liburan ke sana, banyak waktu yang dihabiskan untuk menikmati keindahan di Raja Ampat, dan pastinya penginapan ataupun hotel cuma dijadikan tempat istirahat, mandi dan menyimpan barang-barang. Jadi, sebaiknya mencari tempat penginapan murah sangatlah disarankan.

3. Bawa Makanan Yang Banyak

Jangan pikir ini menyusahkan, Raja Ampat gak seperti kota besar lainnya, jadi mungkin aja makanan atau minuman akan susah ditemui. Di ibukota kabupatennya, Waisai, juga gak banyak warung tersedia. Kalau pun ada, biasanya harga yang ditawarkan jauh lebih mahal.

4. Snorkeling Aja!

Raja Ampat jadi tempat diving hampir semua wisatawan. Tapi sayangnya, paket diving di sana lumayan mahal. Nah, kalau mau hemat, pilihannya jatuh pada snorkeling, yang harganya jauh lebih murah.

Jadi gimana Hard Rockers? Siap liburan ke Raja Ampat? Intinya, semuanya harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari sebelumnya. 

Sumber: travel.detik.com, huffingtonpost.com