Kopi atau teh? Mana yang lebih sehat untuk tubuh?

1895
0
Kopi

Manakah yang lebih baik, teh atau kopi? Perdebatan mengenai dua jenis minuman ini telah berlangsung sejak lama, dan hampir tidak ada jawaban tuntasnya. Kami mencoba membandingkan keunggulan teh dan kopi dalam berbagai hal. Simak selengkapnya di bawah ini.

Pembangkit semangat pagi

Kafein adalah alasan mengapa teh dan kopi kerap dipilih sebagai minuman pembangkit semangat di pagi hari. Namun dalam hal ini, kopi adalah juaranya. Kadar kafein pada secangkir teh hanya sebesar setengah (40 miligram) dari jumlah kafein pada kopi (80-115 miligram) dalam ukuran cangkir yang sama.

Obat tidur alami

Perbedaan terbesar antara kopi dan teh bisa jadi adalah kemampuannya untuk membuat rileks tubuh. Teh memiliki keunikan, selain kafein yang mendorong semangat, juga memiliki kumpulan zat alami yang bersifat relaksasi. Itulah mengapa banyak orang sering mengaku lebih rileks setelah menyeruput teH.

Merusak gigi

Bersama dengan minuman anggur, teh dan kopi berisiko membuat gigi kuning jika dikonsumsi berlebihan. Namun, manakah yang lebih ‘bersahabat’ diantara ketiganya? Jawabannya adalah kopi. Kandungan pigmen pada kopi lebih mudah larut dibandingkan pigmen pada teh yang sulit lepas dari permukaan gigi. Saran kami adalah lebih baik Anda menyikat gigi atau setidaknya berkumur dengan¬†mouthwash¬†setelah meminum cukup banyak teh atau kopi.

Obat depresi

Seperti yang disebut sebelumnya, teh memiliki efek relaksasi yang lebih tinggi dibandingkan kopi. Begitupun jika terkait obat anti-depresan, teh memiliki 37 persen risiko lebih rendah terkena depresi dibandingkan kopi yang hanya sekitar 8-12 persen kandungan anti-depresannya.

Manfaat sehat bagi tubuh

Konsumsi kopi dan teh tanpa gula mampu menjauhkan tubuh dari risiko dari diabetes. Sementara secara terpisah, konsumsi kopi mampu perkuat kesehatan jantung. Sedangkan konsumsi teh mampu memperkuat sistem pencegahan tubuh terhadap risiko kanker.

TEKS: HAPPY FERDIAN
FOTO: DOK. ESQUIRE

Source: Esquire