Kota Go Green (Bagian. 1)

2906
0
100326 POD 640

Kalau sekiranya Hard Rockers sedang merencanakan liburan ke suatu tempat dengan kualifikasi di atas, kayaknya pas banget kalau mengunjungi beberapa kota di bawah ini yang menawarkan hal-hal tersebut. Seperti:

1. Malmo, Sweden

Sweden-Skane-Malmo-urban-landscape-2-DHD

Malmo merupakan kota terbesar di Swedia. Kota ini memiliki konsep Go Green di setiap sudut kota, jadi nggak heran kalau kota ini bersih banget.

2. Reykjavik, Iceland

reykjavik-panorama-iceland

Discover-Reykjavik

Islandia dikenal sebagai negara terhijau di dunia, dan oleh karena itu Reykjavik pun turut serta menjalankan sistem Go Green, seperti memanfaatkan panas bumi dan pembangkit listrik tenaga air, sedangkan untuk sistem transportasinya, kota ini seluruhnya menggunakan bahan bakar hidrogen.

3. Vancouver, Canada

English Bay Vancouver BC 2222

vancouver-to-victoria-and-butchart-gardens-tour-by-bus-in-vancouver-122440

Vancouver merupakan kota terbesar di British Columbia dan telah melakukan banyak hal dalam mewujudkan sebuiah kota berkonsep Go Green. Masyarakat setempat memanfaatkan angin, pasang surut air laut, matahari dan energi gelombang sebagai sumber energi.

4. Sydney, Australia

SydneyAustralia

EarthHour1

Hard Rockers pasti tahu dong dengan program Earth Hour. Sidney adalah kota pertama yang melakukan program tersebut. Nggak cuma itu, Sidney juga telah mengembangkan program pengolahan limbah makanan agar lebih efisien. Banyak yang diupayakan kota ini untuk menjalankan aksi peduli terhadap lingkungan. Jadi nggak salah kalau, Sidney masuk ke dalah salah satu kota terhijau di dunia.

5. Bahia de Caraquez, Ecuador

68699874

Chirije-600x300

Kota ini sempat mengalami kerusakan parah karena bencana alam yang menimpanya di era tahun 90-an. Setelah mengalami kejadian tersebut, pemerintah setempat dan beberapa lembaga sosial memutuskan untuk membenahi kota secara berkelanjutan. Adapun hal-hal dilakukan adalah, mengembangkan sejumlah program untuk menjaga keanekaragaman hayati dan mengendalikan erosi, membuat program pengomposan sampah organik dari pasar dan rumah tangga serta mendukung pertanian organik.

Sssstt.. masih ada lima kota lainnya yang punya predikat sebagai kota ter-Go Green lho.

Nantikan ulasannya minggu depan.