Lebih baik makan sebelum atau sesudah olahraga?

688
0
olahraga

Hmm, lebih baik mengisi perut sebelum atau sesudah olahraga, ya? Orang yang memakan sebelum olahraga biasanya mau memberikan tubuhnya energi sebelum workout, sedangkan yang berolahraga dengan perut kosong biasanya ingin menghindari kram. Ini jawabannya:

Olahraga dengan perut kosong membakar lebih banyak lemak.

Sebuah riset dari American Physiological Society membuktikan bahwa para peserta yang berolahraga selama satu jam dengan perut kosong membakar lebih banyak lemak dari para peserta yang sarapan 2 jam sebelumnya. Selain itu, berolahraga dengan perut kosong juga berdampak baik untuk metabolisme tubuh.

Menurut ahli gizi Darin Hulslander, kebanyakan orang memiliki cukup energi untuk berolahraga dengan intensitas sedang selama 45 menit tanpa sarapan terlebih dahulu. Namun, bila Anda merasa pusing seperti ingin pingsan, jangan dipaksakan!

Breakfast or no breakfast needed? Tergantung tipe olahraga Anda.

Anda bisa melewati satu jam yoga atau joggingno problem. Namun bila Anda mau melakukan workout yang menantang dengan intensitas tinggi seperti maraton, you know you have to eat.

Kesimpulannya, riset membuktikan bahwa olahraga dengan perut kosong lebih efektif, asalkan intensitas workout Anda tidak tinggi. Setelah berolahraga, jangan lupa untuk meminum air putih yang banyak, dan berikan tubuh nutrisi dengan makanan yang mengandung karbohidrat dan protein supaya otot Anda terbentuk.

(Kezia Calesta/ SW / Image: doc. outnow.ch)

Source: Cosmopolitan

Pusing mikirin playlist? Mending dengerin 87.6 Hard Rock FM di sini! Atau bisa dowloadaplikasinya di iOS dan Google Play Store.

Baca juga:
Sean Gelael kian nyaman dengan mobil Formula 1
PRETTYMUCH, boyband baru bentukan Simon Cowell
Pacar baru Harry Styles seorang model Victoria’s Secret