Makan Enak Di Singkawang

3158
0
HRFM Singkawang

Kalau banyak yang bilang tempat ini adalah tempat yang dilalui garis Khatulistiwa makanya nggak heran cuacanya panas menyengat, benar banget! Kalau ada lagi yang bilang tempat ini penuh dengan cerita-cerita mistis dan sejarah mengenai perang antar suku, juga benar banget! Dan kalau ada yang bilang banyak makanan enak di tempat yang terdiri dari 3 etnis ini, benar banget banget!

Kalimantan Barat yang punya ibukota Pontianak ini bisa jadi alternatif yang harus dikunjungi saat berencana mengelilingi Indonesia. Selain identik dengan sungai terpanjang yaitu sungai Kapuas. Kebanyakan orang pasti mengenal tempat ini sebagai tempat yang banyak warga keturunan Tionghoa (tanpa bermaksud rasis, ya). Ada 14 kabupaten yang ada di provinsi ini, membahas satu-satu rasanya terlalu panjang. Bagaimana kalau membahas salah satu kabupaten yang bisa dibilang sebagai salah satu gudang kuliner? Singkawang

Singkawang merupakan daerah pecinan di Kalimantan Barat, selain banyak vihara-vihara yang menarik untuk dikunjungi, tempat ini juga punya banyak makanan khas yang bisa memanjakan lidah para pecinta kuliner tanah air. Mau makanan apa? Halal? nggak halal? ada semua!

Kuliner khas di kota ini ada beberapa macam, seperti aneka Bubur. Bubur Gunting dan Bubur Pedas.

Bubur Gunting, jangan membayangkan bubur digunting-gunting ya, karena memang nggak bisa juga. Bubur Gunting ini berisi kacang hijau kupas dengan kuah yang manis dan ditambahkan potongan cakwe yang digunting, that’s why namanya Bubur Gunting.

Pilihan bubur selanjutnya adalah Bubur Pedas. Bubur yang kaya rempah – rempah ini merupakan campuran rempah dan beras yang ditumbuk menjadi satu dengan dicampur daun kangkung dan daun kesum yang hanya bisa ditemukan di wilayah Singkawang yang kemudian disajikan dengan potongan daging, ikan teri dan kacang goreng serta percikan jeruk limau. Dijamin enak!

hrfm bubur-pedas

Beralih dari bubur, Hard Rockers yang berkunjung ke kota yang jaraknya ditempuh sekitar kurang lebih 2 jam dari kota Pontianak ini juga harus menikmati makanan olahan dari cumi yaitu, Sotong Pangkong. Namanya memang sedikit unik, sama seperti cara pengolahannya. Sotong Pangkong sendiri merupakan cumi kering yang dibakar menggunakan arang kemudian dipukul – pukul menggunakan palu.

hrfm sotong pangkong

Gimana unik-unik kan? Bolehlah memasukan kota ini kedalam daftar tempat wisata selanjutnya.