Manfaat mengejutkan tidur lebih lama saat weekend

1277
0
Tidur

Siapa sih yang tidak suka bangun siang dan tidur lebih lama saat akhir pekan? Kita juga suka! Dan ternyata, kebiasaan “balas dendam” yang satu ini punya manfaat lebih dari sekadar memuaskan hasrat untuk bangun siang lho.

Dilansir dari Cosmopolitan Amerika Serikat, sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal Sleep mengatakan, kalau tidur lebih lama di akhir pekan bisa mendatangkan hal baik untuk tubuh Anda.

Pada studi tersebut, para peneliti yang berada di Korea Selatan membandingkan pola tidur 2.156 orang dewasa dengan indeks masa tubuh atau yang lebih dikenal dengan Body Mas Indexes (BMI).

Nah, BMI sendiri adalah alat ukur yang digunakan ahli medis untuk membandingkan berat badan dengan tinggi badan, serta untuk mengidentifikasi potensi risiko kesehatan terkait obesitas. Misalnya saja, diabetes tipe 2, darah tinggi, dan penyakit jantung.

Lalu apa hasil studi tersebut? Mereka yang kurang tidur saat weekdays lalu “membalas” tidur tersebut di akhir pekan punya BMI lebih rendah, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak tidur lebih lama saat akhir pekan. Hal ini kemungkinan terjadi karena jam tidur yang lebih lama di akhir pekan bisa membantu menjaga metabolisme tubuh. Sehingga, Anda pun terhindar dari obesitas.

Para sleep expert juga berpendapat kalau semakin lama Anda tidur, semakin sehat pula tubuh Anda. Ini terutama karena dengan punya jam tidur yang cukup, Anda kemungkinan besar juga punya menerapkan pola hidup sehat. Misalnya saja olahraga dan memilih makanan dan minuman yang bergizi. Wow!

Namun, bukan berarti Anda boleh bangun siang di akhir pekan demi jadi social butterflyatau maraton serial favorit ya. Karena kebiasaan ini justru bisa menganggu kesehatan, bahkan menyebabkan Anda jadi moody. Usahakan untuk tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari dengan durasi tidur minimal tujuh jam, seperti yang direkomendasikan American Academy of Sleep Medicine.

So, bagaimana menurut Anda ladies? Apakah Anda akan tidur lebih lama di akhir pekan ini? (Hana Devarianti/SW/Image: outnow.ch)

Source: Cosmopolitan Indonesia

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainmentStreaming terus Hard Rock FM di sini!

Baca juga:
Zendaya dan Tom Holland merespon rumor kencan
Dunkirk, karya masterpiece dari Christopher Nolan
Martin Garrix & Troye Sivan jawara baru chart Top41!