Mau hidup lebih bahagia? Ikuti tips psikologi ini

865
0
Bahagia

Pola pikir Anda memberikan dampak yang sangat besar terhadap kebahagiaan Anda sendiri. Untuk menjalani hidup dengan lebih mudah, Anda membutuhkan mindset yang lebih positif. Simak 4 tips psikologi ini untuk hidup yang lebih bahagia.

1. Anda akan selalu berubah

Mudah untuk berpikir bahwa Anda adalah wanita yang sama 10 tahun yang lalu, dan bahwa cara berpikir Anda akan tetap sama di 10 tahun ke depan – namun itu tidak benar. Diri Anda di masa lalu, masa kini, dan di masa depan akan selalu berubah karena keadaan dan persoalan hidup.

What’s most important is where you are now – jangan menghabiskan terlalu banyak waktu memikirkan masa lalu atau mengkhawatirkan masa depan.

2. Berhenti membandingkan diri dengan yang lain

Di media sosial, Anda pasti sering melihat teman-teman yang hidupnya tampak sempurna dengan foto liburan yang tak kunjung reda, pasangan yang selalu romantis, dan barang-barang mewah yang dimiliki.

The truth is, semua orang yang Anda kenal memiliki insecurities dan kekurangannya masing-masing. Berpikir bahwa hidup orang lain lebih baik hanya akan membuang waktu Anda. Berhenti menyalahkan diri sendiri dan kondisi Anda – just focus on yourself and try to be better.

3. Jangan berasumsi nasihat Anda akan didengarkan

Apakah teman atau saudara Anda pernah datang untuk curhat, namun pada akhirnya masukan Anda tidak didengarkan? Tahan dulu kekesalan Anda – teman Anda pasti menghargai niat baik Anda, kok.

Namun faktanya adalah, sebuah nasihat yang baik hanya akan diikuti bila orang tersebut sedang berpikir dengan jernih di waktu yang tepat. Yang penting, Anda sudah melakukan bagian Anda – biarkan mereka buat keputusan sendiri dan belajar dari pengalaman.

4. Kendalikan respons Anda

Saat situasi yang buruk terjadi, kita mengerti bahwa sikap yang positif amat susah untuk dipraktikkan – namun, coba untuk berpikir sejenak sebelum memberikan respons yang berapi-api.

Cara Anda bereaksi terhadap suatu masalah atau situasi sebenarnya jauh lebih penting daripada masalah itu sendiri. Dengan mindset yang lebih jernih, Anda bisa reset ulang pikiran Anda untuk memberikan respons yang lebih bijak.

(Kezia Calesta / SW / Image: doc. outnow.ch / Source: lifehack.org)

Source: Cosmopolitan Indonesia

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainmentStreaming terus Hard Rock FM di sini!

Baca juga:
Selain Messi & Ronaldo, ini peraih trofi Ballon d’Or
Inilah alasan mengapa tubuh kita sering digigit nyamuk
Stephen Curry dan Kevin Durant perpanjang kontrak di Warriors