Ombak Kidal Pantai Lakey

557
0
hrfm pantai-lakey

Dihiasi pasir putih, pepohonan palem di sepanjang bibir pantainya, berhadapan dengan barisan terumbu karang, adalah Pantai Lakey, Desa Hu’u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat di bagian timur Pulau Sumbawa.

Ditemukan pertama kali pada tahun 1980-an oleh peselancar asal Australia. Dasar pantai ini merupakan karang yang cukup tajam, tapi tidak merata, karena terdapat pula dasar yang berpasir dan bisa untuk berenang. Yang membuat pantai ini menjadi tantangan bagi para peselancar karena memiliki ‘ombak kidal’ (arah datang ombak dari kiri, buka dari arah kanan sebagaimana mestinya) angin pantai yang bertiup cukup kencang juga menjadikan pantai Lakey cocok untuk melakukan selancar angin atau kite surfing. Pantai ini pun akhirnya tersohor hingga telinga para peselancar dunia.

Selain itu, ombak di Pantai Lakey ini memiliki kestabilan yang tidak tergantung musim dengan tinggi sekitar 6 hingga 8 meter. Karena itu, pantai ini sering diadakan kompetisi surfing baik tingkat nasional maupun internasional. Bahkan di tengah kota Dompu sudah terlihat aura surfing yang cukup kental dengan berdirinya sebuah patung seorang peselancar.

Mau surfing atau sekedar menikmati indahnya pantai ini? Bisa banget! Yuk masukan pantai Lakey sebagai salah satu daftar tempat yang harus dikunjungi pada liburan tahun ini.

Sumber: Indonesia Travel, infojakarta.com

Foto: Media-Samawa.blogspot.com