Panduan praktis menu sahur lezat dan sehat

1332
0
sahur

Menikmati makanan lezat sekaligus sehat saat sahur bukan lah hal yang sulit. Keterbatasan waktu memasak bukan lagi menjadi alasan bagi Anda untuk ‘cheating’ mengonsumsi makanan instan. Di bawah ini, kami memiliki enam rekomendasi praktis makanan lezat dan sehat untuk efisensi menu sahur Anda.

1. Oatmeal

Jika bosan dengan cara penyajian konvensional, Anda dapat mencoba alternatif cara lain, seperti melalui teknik rendam semalam suntuk (overnight). Merendam oatmeal dalam air hangat selama semalam penuh akan membuat teksturnya lebih lembut. Masukkan topping buah atau abon daging sesaat sebelum disantap.

2. Smoothie

Karena bukan sebatas jus buah biasa, smoothie dapat dikreasikan dengan beragam campuran lainnya, seperti oat, buah kering, atau dipadukan dengan sayur. Perpaduan sehatnya mampu memberikan rasa kenyang yang tahan lama. Selain itu, jika Anda serius menekuni aneka bentuk smoothie, bukan tidak mungkin didapatkan manfaat baik lainnya, seperti bantu turunkan berat badan misalnya.

3. Sandwich

Isian sandwich sangatlah beragam, mulai dari selai buah hingga olahan daging dan sayur. Namun, sebaiknya hindari isian yang mengandung lemak jenuh tinggi, seperti daging ham, bacon, dan selai kacang. Untuk roti tangkupnya, sebaiknya pilih yang terbuat dari gandum karena selain sehat, juga memberi rasa kenyang yang tahan lama.

4. Pancake dan waffle

Menu lezat dari bahan sederhana yang mudah dan cepat cara pembuatannya. Pilih tepung terigu tinggi protein untuk membuat adonan lebih padat dan mengenyangkan. Sajikan pancake atau waffle dengan topping telur dadar, irisan sayur dan buah, madu alami, serta lain sebagainya.

5. Salad buah

Jika salad konvensional dirasa hambar dan membosankan, ada baiknya ganti dengan isian buah. Buah-buah yang digunakan untuk membuat salad buah sebaiknya yang berkadar gula sedikit, seperti apel, kiwi, pisang, dan lain-lain.

6. Telur

Mulai dari yang dimasak dengan cara direbus, digoreng mata sapi, dibuat dadar, hingga dipanggang, telur adalah pilihan menu sahur sehat yang sangat praktis. Agar manfaat sehatnya terjaga, sebaiknya masak telur dengan sedikit garam dan minyak.

TEKS: HAPPY FERDIAN

FOTO: DOK. ESQUIRE

Source: Esquire Indonesia

Jangan ketinggalan info terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainment, streaming terus Hard Rock FM di sini!

Baca juga:
Tetap bugar di meja kerja
Keep on moving with Pancious
Jordy Waelauruw si peniup terompet berbakat dari Maluku