Semarak ekletik di Ubud Village Jazz Festival 2017

604
0
Ubud Village Jazz Festival 2017

Gelaran Ubud Village Jazz Festival kembali hadir pada 10 sampai 11 Agustus 2017 lalu di Arma Museum, Ubud, Bali. Tahun ini merupakan kelima kalinya festival jazz internasional berbasis komunitas tersebut digelar dan bergaam musik yang disajikan kian imajinatif dan eklektik. Acara ini juga berhasil menyatukan banyak musisi dari berbagai variasi musik mainstream, modern, tradisional, dan latin.

Penampilan utama pada gelaran tahun ini adalah musisi muda berbakat Gerald Clayton Trio yang tampil dengan bassist Joe Sanders dan drummer Gregory Hutchinson.

Clayton telah berhasil meraih nominasi Grammy sebanyak empat kali, yakni pada 2010 sebagai Best Improvised Jazz Solo, tahun 2011 sebagai Best Jazz Internasional Composition, serta tahun 2012 dan 2013 sebagai nominee Best Jazz Instrumental Album.

Adapun Joe Sanders merupakan salah satu pemain bass muda terkemuka dunia saat ini, di mana ia berhasil meraih juara dua pada ajang Society of Bassists Jazz Bass Competition.

Selain itu, gitaris asal pulau Dewata yang telah dikenal luas di dunia, Balawan, tampil dengan konsep musik unik hasil perpaduan dengan seni gamelan Bali.

Ada pula kolaborasi lintas generasi dari maestro trombone legendaris Benny Likumahua dengan buah hatinya, bassist muda fenomenal Barry Likumahua. Tidak ketinggalan beragam penampil berbakat dari dalam dan luar negeri kian menyemarakkan festival jazz yang konon disebut sebagai salah satu yang terbaik di Asia Tenggara tersebut.

Kami tidak hanya menghadirkan deretan musisi besar, namun juga pengalaman berkesan melalui desain layout yang cangging namun membumi hasil rancangan tim arsitektur dari Archimetriz Design guna menguatkan nuasan kearifan lokal,” ujar Yuri Mahatma, co-founder festival terkait yang juga merupakan seorang musisi jazz.
TEKS: HAPPY FERDIAN
FOTO: DOK. ESQUIRE
Source: Esquire
Pusing mikirin playlist? Mending dengerin 87.6 Hard Rock FM di sini! Atau bisa dowload aplikasinya di iOS dan Google Play Store.