“Stairway to Heaven” dianggap plagiat, ini ungkapan gitaris Led Zeppelin!

2306
0
Led Zeppelin
Led Zeppelin | bloomberg.com

Kasus plagiatisme yang melibatkan band rock legendaris asal Inggris, Led Zeppelin, sudah mulai terdengar sejak pertengahan 2014. “Stairway to Heaven, salah satu hits single Led Zeppelin yang dirilis pada 1971, disebut-sebut telah menjiplak lagu milik Spirit yang berjudul Taurus”.

Baru-baru ini, Sang Gitaris, Jimmy Page, mengungkapkan bahwa ia belum pernah mendengar lagu Taurus” sebelumnya, bahkan saat ia menciptakan lagu “Stairway to Heaven bersama Sang Vokalis, Robert Plant.

Sebagai seseorang yang lama berkarir di dunia musik dan menciptakan banyak lagu, Jimmy yakin betul bahwa hingga kasus ini muncul di 2014, ia tidak pernah sekalipun mendengar lagu Taurus”.

Jimmy menambahkan bahwa dirinya memang pernah satu panggung dengan Spirit dalam beberapa kesempatan, namun, dia tetap yakin bahwa Spirit tidak pernah menyanyikan secara langsung, ataupun ada orang lain yang menyanyikan lagu tersebut.

Mark Andes selaku bassist dan pendiri Spirit, melayangkan gugatan tersebut kepada Led Zeppelin atas kasus plagiatisme dan mengaku hanya melanjutkan apa yang sudah dilakukan Randy California Sang Gitaris Spirit yang wafat pada 1997.

Semoga kasusnya cepat selesai ya, Hard Rockers!

[teks: Della Hermawan | foto: bloomberg.com]