Sweet Child O’ Mine milik Guns N’ Roses dituduh plagiat

6319
0

Sweet Child O Mine adalah lagu legendaris yang tentunya semua penggemar genre musik Rock di dunia pernah mendengarnya. Lagu milik Guns N’ Roses itu memang menjadi sebuah fenomena dan masih disukai banyak orang hingga sekarang. Hardrockers-pun pasti ada yang tak pernah bosan memutarnya, kan?

Anehnya, setelah hampir 30 tahun dirilis, ada kabar mengejutkan yang menyebutkan bahwa ‘Sweet Child O Mine’ adalah sebuah lagu plagiat! Ya, lagu yang ditulis oleh Axl Rose, Slash, dan Izzy Stradlin itu dituduh merupakan hasil jiplakan.

Dikutip dari VH1, Selasa (12/5), pihak yang melontarkan tudingan tersebut adalah band asal Australia bernama Australian Crawl. Menurut sang pentolan band, James Reyne, ‘Sweet Child O Mine’ memiliki progresif chord dan bagian-bagian yang sangat mirip dengan lagu berjudul ‘Unpublished Critics’ milik mereka.

‘Unpublished Critics’ sendiri rilis lebih dulu, yakni pada 1981. Sementara ‘Sweet Child O Mine’ baru diluncurkan pada 1987 lewat album ‘Appetite for Destruction’. Yang membuat kabar ini semakin menarik adalah baik ‘Unpublished Critics’ maupun ‘Sweet Child O Mine’ berada di bawah label yang sama, Geffen Records!

Sayang, pihak Australian Crawl tidak mau menjelaskan lebih rinci dan memilih untuk tidak berkomentar lebih jauh soal tuduhan plagiat itu. Bagaimana menurut Hardrockers? Sejauh mana kemiripan ‘Sweet Child O Mine’ milik Guns N’ Roses dan ‘Unpublished Critics’ dari Australian Crawl? [teks @YDP_HardRock | foto¬†deathandtaxesmag.com]