Tips buat kamu yang mau kerja di luar negeri!

2239
Kerja

Sulitnya mencari lapangan kerja mungkin jadi salah satu alasan besar bagi para jobseeker yang mencari peruntungan di luar negeri.

Selain jenjang karier, yang sebenarnya hampir sama dengan yang ada di dalam negeri, kamu juga akan mendapatkan banyak pengalaman dibanding orang-orang yang bekerja di dalam negeri.

Terlebih lagi, orang yang bekerja di luar negeri akan mendapatkan tantangan tersendiri karena mereka akan bertemu dengan rekan kerja, budaya, dan kebiasaan yang berbeda.

Walaupun bekerja di luar negeri membutuhkan modal yang cukup besar, tapi semua itu akan terbayar kok nantinya!

Khusus untuk jobseeker yang mau kerja di luar negeri, yuk lihat beberapa tips berikut ini!

1. HARUS mandiri

Namanya juga jauh dari rumah, pastinya kamu juga akan berada jauh dari teman-teman dan keluarga. Kalau di sana kamu nggak mandiri, terus mau mengandalkan siapa?

Kalau kamu juga udah terbiasa hidup dan manja sama orang tua, gimana nanti menghadapi masalah di sana? Kalau kamu belum bisa mandiri, lebih baik batalin deh niat bekerja di luar negeri dari awal karena nantinya malah akan menyusahkan diri kamu sendiri.

2. Harus supel dan mudah membaur

Ini merupakan hal yang sangat penting saat kamu mau bekerja di luar negeri. Jangan lupa juga, kamu harus menguasai bahasa negara yang akan kamu tinggali.

Nggak perlu takut untuk bergaul dengan orang-orang asing karena kamu akan memulai hidup dari nol di sana. Ini juga jadi kesempatan emas bagi kamu yang nggak bisa mencari teman ataupun pacar di dalam negeri.

3. Nggak boleh gaptek!

Kalau kamu termasuk orang yang gaptek, coba mulai sekarang kamu harus jadi orang yang melek teknologi. Dunia digital saat ini sudah sangat mendominasi, jika kamu nggak menguasai teknologi, kamu akan sulit mendapatkan pekerjaan.

Nggak perlu harus mempunyai semua social media, yang penting kamu bisa menguasai komputer dan semua aplikasi dasar Microsoft.

4. Mampu berbahasa Inggris dengan baik

Mampu berbahasa Inggris dengan baik adalah hal wajib, selain bahasa asli negara yang akan kamu kunjungi, yaa! Ini merupakan modal untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik. Coba bayangin deh, kalau kamu nggak bisa bahasa Inggris, bos nyuruh apa, kamu melakukan apa.

So, Hard Rockers, kalau kamu mau mencoba peruntungan di luar negeri, pastikan kamu sudah bisa melakukan 4 hal di atas untuk memudahkan kamu hidup di negara orang nantinya.

[Editor Sekar Retno Ayu / sumber Maxim Indonesia | foto canberrayourfuture.com.au]

Pusing mikirin playlist? Mending dengerin 87.6 Hard Rock FM di sini! Atau bisa dowload aplikasinya di iOS dan Google Play Store.

6 vila bertema unik di Four on Drupadi
Rizky Febian deg-degan rilis single “Cukup Tau”
Inilah 6 produk terbaru yang dirilis Apple di 2017