Tips Merawat Touchscreen

779
Touchscreen

Saat ini hampir semua gadget ‘keranjingan’ menggunakan teknologi layar sentuh atau touchscreen. Teknologi ini dianggap lebih memudahkan walaupun banyak yang ragu akan ketahanannya. Selain itu dengan menggunakan gadget layar sentuh, berarti kita harus menjaga tangan dan jari – jari kita agar tetap bersih agar tidak mengotori layar dan tentunya mengganggu pandangan. Selain itu dikutip dari Times of India, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika kita pengguna gadget dengan layar sentuh:

1. Jauhkan dari Sinar Matahari

Hindari paparan sinar matahari langsung karena akan merusak kualitas layar LCD. Maka dari itu, jangan biasakan menyimpan gadget touchscreen diatas dashboard mobil dengan keadaan layar terlentang saat terik matahari. Keadaan ini sama saja dengan menjemur layar secara langsung.

2. Jangan Taruh di Kantong Celana

Laki – laki adalah yang paling sering melakukan ini. Layar sentuh tidak sekuat casing gadget – nya. Menyimpannya dalam saku dapat membuatnya lecet, retak atau rusak karena tertekan paha atau hal lain. Ada baiknya simpan selalu di soft/hardcase dan gunakan pelindung layar

3. Gunakan Jari yang Benar

Perempuan rentan melakukan ini, gunakan jari saat mengoperasikan layar sentuh, jangan menggunakan kuku-kuku jari untuk menyentuh layar karena akan meninggalkan goresan dan mengurangi sensitivitas layarnya dan tidak perlu ditekan keras – keras.

4. Hindari Magnet

Jauhkan dari benda-benda yang mengandung magnet seperti radio atau televisi. Radiasi dari magnet akan membuat layar tidak sensitif lagi terhadap sentuhan dan sulit dioperasikan.

 

Nah lalu bagaimana cara membersihkan yang baik? Apabila ada debu atau kotoran, bersihkan saja dengan kain katun lembut yang kering yang bersih dengan gerakan memutar. Apabila kotoran membandel, coba sedikit basahi lapnya (jangan terlalu basah), lalu segera keringkan dengan lap yang lain.

 

Sumber: timesofindia dan wolipop