Jet Lag? Tentu Bisa Diatasi

1218
jet-lag

Ikuti tips dibawah ini untuk mengusir jet lag yang menganggu perjalanan…


Tentunya, jet lag bikin sebagian orang penyukan travelling ngerasa terganggu. Perbedaan jam yang drastis, bikin Hard Rockers ngerasa ngantuk di pagi hari dan melek di jam malam.

Tidur nggak teratur di perjalanan akan membuat liburan terasa tidak asyik, dan bisa saja menimbulkan sakit. Nggak mau kan liburan yang sudah lama direncanain tiba-tiba jadi nggak asyik karena jet lag? Nah, untuk yang suka bepergian jauh, bisa diikuti beberapa tips dibawah untuk mengusir jet lag dari badan kita.

1. Istirahatkan tubuh sebelum bepergian

Professor Richard Wiseman yang merupakan pengarang daru buku berjudul Night School, merokmendasikan untuk mengistirahatkan tubuh sehari sebelum melakukan perjalanan. Dalam bukunya ia menuliskan bahwa minimal 3 hari sebelum melakukan perjalanan dengan perbedaan waktu yang drastis, seseorang harus tidur sejam lebih lama, dan bangun dengan menghindari kontak langsung dengan sinar matahari. 

2. Mengubah waktu saat di pesawat.

Misal, seseorang pergi dengan perbedaan sampai dengan 8 jam, ubahlah semua jam di smartphone maupun di jam tangan sesuai dengan waktu destinasi saat sampai di pesawat. Dengan begitu sesorang akan otomatis terbiasa dan melakukan aktivitas sesuai dengan jam yang sudah disesuaikan.

3. Hindari duduk di dekat jendela saat di pesawat

Hal ini berguna untuk kontak dengan sinar matahari langsung yang mendadak dan akan mengejutkan saraf di otak

4. Gunakan kacamata hitam

Dalam artikel yang ditulis oleh seorang kru NASA, mengatakan bahwa seseorang harus menggunakan kacamata hitam saat tidur dan juga saat turun di bandara bila diperlukan. Mengapa? Jika tidak menggunakan kacamata saat sampai destinasi pada malam hari padahal badan masih menyesuaikan pagi hari, dan terkontak langsung dengan sinar matahari, badan akan merasa terlalu lelah, sehingga tidak akan melakukan aktivitas dengan baik.

5. Minum vitamin dengan kandungan Melatonin

Melatonin akan membantu hormon alam tubuh untuk mengatur siklus tidur dan bangun. Ingat, jangan berlebihan juga ya dalam mengkonsumsinya! Bon voyage and good luck! [teks @chrissjee | foto goinsurance.com]