Cristiano Ronaldo Wins FIFA Ballon d’Or 2013

760
0
article-2539112-1AA3506900000578-163 634x423

Ini merupakan kali kedua setelah tahun 2008 lalu, ia menerimanya. Tapi kali ini, CR7 bisa dibilang beruntung, karena berhasil mengalahkan Messi yang sejak 2009 lalu berturut-turut mendapatkan gelar FIFA Ballon d’Or. Tahun ini, giliran mantan pemain Manchester United yang sekarang bergabung di Real Madrid yang mendapatkan trofi-nya kembali.

Dengan menitikan air mata, Ronaldo yang berhasil menyabet Ballon d’Or setelah meraih 1.365 poin ini, turut  memberikan kata sambutan setelah menerima golden ball tersebut bersama dengan putranya, Cristiano Ronaldo Jr. 

“First of all I have to say a great thanks to all of my team-mates with the club and the national team… Without all of their efforts this would not have been possible. I am very happy, it is very difficult to win this award… Everybody that has been involved with me on a personal level I have to thank. My wife, my friends, my son. It is a tremendously emotional moment. All I can say is thank you to everybody that has been involved.”

Gak cuma itu, Ronaldo juga mengatakan bahwa pemain Barcelona, Lionel Messi yang meraih 1.205 poin dan Franck Ribery yang berada di posisi ketiga dengan nilai 1.127 poin. Mereka merupakan pemain-pemain hebat, yang juga layak mendapatkan penghargaan bergengsi dari FIFA, namun kali ini Ronaldo lah yang berhasil meraihnya.

Beberapa hal menarik dari kemenangan Ronaldo setelah meraih Ballon d’Or ini selain ia adalah pemain pertama sejak Luis Figo pada 2000 yang memenangi gelar Ballon d’Or tanpa meraih trofi klub bersama klub yang digawanginya. Dia juga tercatat sebagai pemain pertama Real Madrid sejak Ronaldo (Brasil) yang meraih gelar serupa di tahun 2002.

Menurut Daily Mail, keberhasilan Ronaldo merebut Ballon d’Or tidaklah terlepas dari sistem voting yang digunakan saat ini. Jika FIFA masih menggunakan sistem voting seperti tahun 2009 lalu, dimana voting hanya berdasarkan jajak pendapat media-media terpilih dari seluruh dunia. Ribery dengan mudah menjadi pemain terbaik dunia 2013. Namun pada tahun 2010, setelah sistem pemilihan diubah, kapten timnas dan pelatih berhak mendapatkan kesempatan untuk memilih.

Di sinilah letak kekuatan Ronaldo, diantara 172 pelatih top dunia, banyak diantaranya yang memilih Ronaldo sebagai pemain terbaik. Total ada sebanyak 53 suara yang mendukung Ronaldo, yang sisanya sekitar 39 milik Messi dan Ribery.

Sumber: bola.viva.co.id, dailymail.co.uk, Telegraph.co.uk