3 tips memilih sepatu yang nyaman!

1562
0
Sepatu

Sering kali, kita tergiur untuk membeli sepatu karena lagi hits atau ‘gelap mata’ saat ada di mall, ataupun karena ada diskon gila-gilaan yang susah banget ditolak! Karena alasan itulah yang membuat kita akhirnya membeli sepatu yang kurang nyaman di kaki.

Sepatu yang nyaman adalah sepatu yang dapat menyesuaikan dengan bentuk atau kontur telapak kaki. Pemilihan sepatu yang tepat dapat memperkecil risiko cedera saat berlari dan membantu kita dapat bergerak dengan nyaman.

Supaya lebih akurat, kamu bisa melakukan pemeriksaan karakteristik kaki dengan menggunakan footprint analyzer.

Tapi, kalau kamu merasa itu terlalu ribet, kamu bisa mengikuti 3 tips simple di bawah ini!

1. Perhatikan bentuk kaki

Kamu yang memiliki kaki dengan sudut kelengkungan normal pada sisi dalam telapak kaki (normal arch), disarankan untuk menggunakan sepatu yang memiliki sedikit sudut kelengkungan (stability shoes). Sepatu jenis ini memiliki sedikit sudut kelengkungan dan bantalan yang lebih tebal sehingga memberikan kestabilan.

Sementara untuk yang memiliki kaki dengan sudut kelengkungan yang kecil (flat foot), sepatu yang cocok adalah tipe motion control. Sepatu ini memiliki bantalan yang ekstra tebal sehingga memperkecil kemungkinan kaki tertekuk ke dalam.

Untuk kamu yang memiliki kaki dengan bagian tengah lebih tipis, sehingga tekanan lebih besar di bagian tumit dan depan kaki. Sepatu yang cocok adalah jenis neutral shoes karena karakteristik sepatu ini memiliki bantalan yang empuk di bagian depan kaki dan tumitnya.

2. Mencoba sepatu dengan menggunakan kaos kaki

Saat membeli sepatu olahraga, sebaiknya kamu mengenakan kaos kaki yang sering digunakan. Selain itu, kamu juga harus mencoba lebih dari satu sepatu dan memilih sepatu yang paling nyaman diantara pilihan tersebut.

Saat mencoba sepatu yang mau dibeli, jangan lupa untuk mengenakan kedua sisi sepatu selama 10 menit supaya kamu benar-benar yakin bahwa sepatu itu benar-benar nyaman untuk digunakan.

3. Biasakan mengenakan sepatu baru tersebut sebelum digunakan

Setelah membeli sepatu baru, kamu harus menggunakan sepatu tersebut selama latihan, sebelum menggunakannya setiap hari. Ini sangat penting dilakukan supaya kaki dapat lebih cepat beradaptasi dengan bentuk sepatu baru.

Selain itu, kulit sepatu dapat lebih cepat menyesuaikan bentuk kaki sehingga tidak menimbulkan iritasi atau lecet saat kamu menggunakannya.

Semoga tips ini bermanfaat yaa, Hard Rockers! Jangan sampai sepatu kece kamu mengurangi penampilan karena sepatu baru yang kurang nyaman!

[Editor Sekar Retno Ayu / sumber Fitness For Men Indonesia | foto magzian.com]

Pusing mikirin playlist? Mending dengerin 87.6 Hard Rock FM di sini! Atau bisa dowload aplikasinya di iOS dan Google Play Store.

Baca juga:
3 tips pulang pergi ke Singapura
5 akun Instagram wajib follow untuk food lovers!
Intip betapa kerennya pesawat terbang tercepat di dunia!