5 solusi jitu agar tidak kalap makan saat berbuka puasa

741
0

Setelah menahan lapar saat menjalani ibadah puasa selama kurang lebih 13 jam setiap harinya di bulan Ramadhan, banyak dari kita kerap terobsesi untuk ‘balas dendam’ dengan makan banyak saat berbuka. Jika sudah begini, rasa kenyang luar biasa menjadi tidak bisa dihindari, sehingga sebabkan dampak buruk, seperti salah satunya risiko naiknya berat badan.

Agar ibadah puasa berjalan dengan sempurna dan Anda tidak kalap saat berbuka puasa, berikut adalah beberapa solusi jitunya.

1. Dahulukan minum air putih secara cukup

Radio Anak Muda_minum air putih

Untuk menghindari terlalu banyak makan saat berbuka, meminum air dapat menetralisir tubuh dari keinginan rasa lapar yang tinggi. Sebelum Anda mulai makan, sebaiknya minum air terlebih dulu dan berhenti sebelum Anda merasa kenyang. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang minum air putih secara cukup setiap hari dapat menjaga berat badan tetap ideal.

2. Sikat gigi

Radio Anak Muda_Sikat gigi

Banyak ahli kesehatan gigi telah membuktikan bahwa pasca sikat gigi, tubuh akan merasa bereaksi menolak keinginan untuk mengudap makanan. Ada semacam sugesti yang mendorong otak manusia berpikir dua kali ketika akan menyantap makanan pasca menyikat gigi. Salah satu alasan utamanya adalah tidak ingin mengulangi aktifitas sikat gigi di rentang waktu yang berdekatan.

3. Tidak lupa mengonsumsi protein

Radio Anak Muda_Protein

Mengonsumsi makanan berprotein dinilai cukup ampuh untuk mengendalikan rasa lapar berlebihan. Protein diyakini dapat membuat kenyang lebih lama, karena mengaktifkan hormon ghrelin, yang memberi sinyal ke otak bahwa tubuh sudah merasa kenyang.

4. Hindari makanan manis dan berlemak

Radio Anak Muda_makanan manis

Setelah berpuasa berjam-jam, kebanyakan orang memilih makanan manis dan berlemak karena dirasa lebih memuaskan. Sayangnya, banyak juga yang lupa bahwa dengan mengonsumsi banyak makanan manis kerap memicu lonjakan kadar gula darah, sehingga berdampak buruk pada metabolisme tubuh.

5. Tidur yang cukup

Radio Anak Muda_tidur

Selama bulan Ramadan, diyakini bahwa tidur merupakan bagian dari ibadah. Selain itu, dengan tidur dapat membantu Anda berhenti memikirkan banyak makanan dan menghindari godaan yang ada. Menurut beberapa studi ilmiah pun, kurang tidur dapat memicu rasa lelah dan memperlambat metabolisme tubuh. Bahkan, kurang tidur membuat tubuh terprogram secara otomatis untuk ingin makan lebih banyak.

TEKS: HAPPY FERDIAN
FOTO: DOK. ESQUIRE, THRIATHLETE

Source: Esquire Indonesia

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainment! Streaming terus Hard Rock FM di sini!

Baca juga:
Ini lagu galau Brad Pitt saat menghadapi perceraian
Adidas Nemeziz untuk si lincah di lapangan sepak bola
5 bukti Francesco Totti adalah pesepakbola hebat dunia