6 kelakuan bos yang bikin pusing karyawan!

1881
0
Bos

Bos nggak semuanya selalu sama, ada yang baik hati, ada yang nyebelin, ada yang bingungin. Semua kelakuan bos-bos yang macem-macem ini bisa bikin kamu pusing sendiri. Iyaa nggak?

Apa aja sih kelakuan bos yang biasanya bikin pusing karyawannya? Yuk lihat!

Bos super sibuk!
Kim Scott, pengarang Radical Candor: Be a Kick-Ass Boss Without Losing Your Humanity, mengatakan kamu harus cari tau kenapa si bos super sibuk sampai nggak bisa ngomong sama bawahannya.

Kamu juga boleh lho, nanya ke si bos, ada pekerjaan lain yang bisa dibantu atau nggak? Kalau ada, ini bisa jadi pengalaman baru yang menguntungkan buat kamu.

Bos yang nggak mau bantuin bawahannya saat ada masalah 
Truth is, jangan sampai kamu melemparkan masalah pada bos tanpa memiliki saran untuk jalan keluarnya. Sebelum membahas masalah tersebut di rapat, persiapkan dengan baik apa yang mau kamu bicarakan.

Kamu bisa cari 3 alternatif jalan keluar yang berbeda dan minta bos kamu untuk memilih mana yang terbaik. Kalau si bos punya saran yang lebih baik, jangan lupa dicatat!

Tapi, sebaliknya, kalau si bos masih nggak mau memberikan saran atau solusi, kamu bisa tanyakan ke rekan kerja yang lebih senior.

Si bos malas baca email 
Lihat lagi email kamu, kalau kata Kim, email yang kepanjangan bikin bos kamu nggak punya waktu untuk ngomongin masalah yang kamu hadapi dan mencari tahu apa yang kamu inginkan. So, keep it simple!

Si bos punya ‘anak emas’ di kantor
Ini sih yang agak menyebalkan. Wajar aja kamu ngerasa nggak dihargai saat ada kerjaan menarik yang ternyata selalu dikasih ke orang yang sama.

Pertama-tama, coba tetap berpikir positif dengan menganggap bahwa mungkin si bos nggak bermaksud untuk meng-‘anak emas’-kan seseorang.

Setelah itu, pastikan kalau si bos memang tahu apa aja yang kamu kerjain dan apa aja yang bisa kamu tangani. Dan kalau bisa, kamu harus selalu menyelesaikan pekerjaan sebelum deadline.

Still stuck? Coba ngomong baik-baik sama si bos bagaimana caranya supaya kamu juga bisa dapat kesempatan yang sama dengan rekan kerja kamu atau nggak ada salahnya juga kamu minta di-review sama si bos soal kerjaan kamu.

Bos suka curhat tentang urusan pribadinya
Nggak salah juga sih kalau bos kadang suka curcol tentang masalah pribadinya dan minta saran dari kamu. Tapi, kalau kamu bukan personal assistant-nya, kamu harus tetap membuat batasan dan prioritas antara pekerjaan wajib kamu dan urusan pribadi si bos.

Bos tukang kritik di depan banyak orang 
Kalau bos kamu melakukan ini, yang harus kamu lakukan adalah tetap tenang dan nggak ada salahnya mengeluarkan kalimat-kalimat defensif. Saat ada waktu luang, jangan lupa untuk mengajak si bos berbicara 4 mata. Jelaskan dengan baik-baik dan sopan, kalau kamu akan lebih nyaman berbicara 4 mata saat si bos akan mengkritik kamu.

Gimana, bos kamu udah level yang mana nih? Seperti apapun kelakuan bos, inget yaa, namanya juga bos, dia adalah atasan kamu, apapun yang dia lakukan, kamu harus tetap sopan dan berbicara dengan baik-baik.

[Editor Sekar Retno Ayu / sumber Cosmopolitan Indonesia | foto pandasecurity.com]

Baca juga:
Berantem mulu? Coba aplikasi ini!
Joe Jonas and Sophie Turner are engaged!
Ed Sheeran patah tulang, apa kabar konsernya?