7 hal yang harus dihindari saat di Gym

1360
0

7 Hal yang Harus Dihindari Saat di Gym

Bukan urusan mudah untuk meluangkan waktu ke gym – terutama bagi Anda yang super sibuk dan tidak termasuk gym rat. Sayangnya, begitu ada kesempatan untuk mengunjungi gym langganan Anda, ada saja godaan yang Anda sadari atau tidak, justru membuat waktu Anda terbuang percuma di sana.

Berikut daftar kegiatan tak berguna yang harus Anda hindari saat berlatih di gym.

#1. Terlalu banyak mengobrol
Bersosialisasi dengan rekan kerap dilakukan di gym. Sebenarnya, hal tersebut baik untuk menambah motivasi – apalagi rekan Anda adalah seorang gym girl.

Permasalahannya, ketika ada perbedaan durasi latihan yang dilakukan antara Anda dan rekan, hal itu dapat saling mengurangi efektivitas olahraga masing-masing individu. Maka, pastikan Anda dan rekan memiliki perencanaan olahraga yang sama agar efektif.

#2. Santai dan lambat
Melihat-melihat majalah sambil berjalan di treadmill mungkin terdengar santai. Namun, gym bukanlah tempat yang tepat untuk bersantai. Optimalkan waktu di treadmill dengan fokus berolahraga dan membakar kalori.

#3. Tak punya rencana
Jika Anda pergi ke gym dan tak tahu akan apa yang ingin Anda lakukan di sana adalah salah satu hal yang hanya membuang waktu.

Sebelum pergi ke gym, rencanakan dulu jenis latihan, metode, gerakan, dan target latihan Anda. Satu saran kami, baca beragam tutorial latihan yang ada di Majalah Fitness for Men, sebelum Anda berganti pakaian olahraga.

Jika perlu, bawa majalah ini untuk menemukan gerakan yang benar.

#4. Terlalu banyak istirahat
Meningkatkan denyut jantung hingga fase anaerobic dan menjaga denyut jantung tetap stabil pada fase itu merupakan kunci sukses berolahraga.

Terlalu banyak berisitirahat akan membuat denyut jantung tidak stabil, maka batasi istirahat di antara sesi latihan untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari olahraga.

#5. Terlalu lama di ruang ganti
Jika tidak fokus, waktu di ruang ganti berpotensi menjadi distraksi utama rencana olahraga. Selain akan menghabiskan waktu Anda, terlalu lama di ruang ganti juga sangat berpotensi menurunkan semangat Anda untuk berolahraga.

Anda akan cenderung tergoda untuk membalas pesan di ponsel atau hal lain yang mestinya bisa Anda kesampingkan saat di gym.

#6. Terpaku pada alat atau mesin
Mesin atau alat tentu saja dapat membantu membentuk otot tertentu, namun jika terlalu sering Anda akan membuang waktu karena tidak melatihan otot secara keseluruhan.

Maka selain menggunakan mesin, sebaiknya Anda juga melakukan gerakan yang melatih keseluruhan otot, termasuk gerakan yang menggunakan beban berupa berat badan Anda sendiri.

#7. Kurang pengetahuan tentang latihan
Mencoba latihan baru tentu menjadi tantangan tersendiri. Namun, jika tak mendapatkan instruksi maupun saran sebelumnya, bisa jadi malah menimbulkan cedera dan tidak efektif. Pelajari dulu latihan yang akan dilakukan.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba dari tingkat dasar dulu sebelum ke tingkat selanjutnya. Memberi target pada metode latihan Anda akan meningkatkan semangat Anda untuk pergi berlatih.

Source: Fitness For Men

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainment! Streaming terus Hard Rock FM di sini!

Baca juga:
Destinasi para pelancong
Samsung Foldable Phone: ponsel lipat layaknya dompet
Uniknya hotel kapsul Jucy Snooze!