7 jenis pizza terlezat dari seluruh penjuru dunia

2169
0

Bisa jadi pizza adalah salah satu makanan yang sengaja diciptakan Tuhan untuk disukai oleh banyak orang di dunia. Terdengar berlebihan memang, namun pizza sudah tidak lagi identik dengan kuliner Italia.

Pizza juga tidak lagi sekadar adonan dough yang diberi topping keju, saus tomat, dan irisan pepperoni. Kini, pizza telah berakulturasi ke banyak kultur sehingga menjadikan ragam pizza berbeda-beda di berbagai belahan dunia. Jika Anda mengaku penggila pizza, tujuh jenis pizza di bawah ini wajib Anda coba.

1. Pizza Berlusconi – Finlandia

Entah namanya berkaitan atau tidak dengan sosok mantan Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi, yang pasti jenis pizza ini begitu populer di negara asal ponsel legendaris Nokia. Topping pizza ini sebenarnya serupa dengan pizza pada umumnya, yakni saus tomat, keju, jamur chanterelle, dan irisan bawang merah besar.

Hal yang membuatnya unik adalah adanya campuran irisan dendeng rusa kutub yang bercita rasa khas, manis berasap.

2. Tarte flameé – Prancis

Istilah tarte flameé memiliki makna serupa dengan pizza, yakni adonan panggang bertekstur tipis yang ditaburi dengan topping crème fraîche (krim asam khas Prancis), irisan bawang bombay dan lardons yang berupa irisan atau potongan dadu lemak babi dengan cita rasa serupa bacon.

3. Flammkuchen – Jerman

Sekilas serupa dengan tarte flameé karena sama-sama menggunakan crème fraîche. Namun, versi Jerman menggunakan tambahan bacon asap dan fromage blanc atau quark yang memiliki tekstur dan cita rasa seperti yogurt.

4. Crab n Cheese Pizza – Hungaria

Bagi Anda penyuka daging kepiting, crab n cheese pizza ini wajib Anda coba jika berkunjung ke Hungaria. Berbeda dengan pizza reguler, adonan rotinya tebal layaknya bakery dengan cita rasa gurih dari perpaduan keju dan bawang putih.

Untuk topping, pizza ini tentu saja menghadirkan irisan besar daging kepiting yang dipadukan dengan krim asam dan parutan keju cheddar.

5. Okonomiyaki – Jepang

Kita tentu sudah cukup akrab dengan sajian khas Jepang yang memadukan ragam ciri khas pancake dan pizza ini. Di Jepang sendiri, varian topping okonomiyaki bisa berbeda antara satu wilayah dengan wilayah lainnya.

Namun, secara garis besar, topping okonomiyaki terdiri dari irisan kol, daging sapi/babi cincang, bonito flakes (irisan tipis ikan bonito asap), telur, dan saus okonomiyaki.

6. Manakish – Libanon

Kudapan sejenis flat bread ini memiliki komposisi yang sederhana namun bercita rasa unik dan mengenyangkan. Biasanya adonan manakish telah dibumbu terlebih dahulu dengan bumbu pedas dan kemudian ditaburi berupa tetesan minyak zaitun dan bubuk rempah.

7. Zapiekanka – Polandia

Merupakan jajanan kaki lima yang sangat populer di Polandia, berbentuk akulturasi antara pizza dan sandwich. Sebenarnya zapiekanka terbuat dari roti baguette yang dibuka bagian tengahnya dan ditaburi dengan topping berupa keju, mustard, irisan bawang bombay, dan irisan jamur. Setelah dipanggang, zapiekanka biasa disantap dengan saus tomat.

TEKS: HAPPY FERDIAN
FOTO: DOK. ESQUIRE
Source: Esquire

Ada yang mau nonton konser gratis di Bangkok bareng kita? Ada 21 slot tempat di #Rockventure April ini nih! Dengarkan terus 87.6 Hard Rock FMweb streaming

Baca juga:
Inilah enam sirkuit maut dunia
Sony MDR XB80BS, headphone pecinta olahraga
Ulang tahun, Ed Sheeran rilis single terbaru!