7 prinsip orang sukses dalam bersosialisasi

822
0

Untuk menjadi orang sukses bahkan soal kegigihan dan keuletan dalam membangun karier, melainkan juga soal bagaimana seseorang tersebut memperlakukan orang lain dengan baik.

Mengutip prinsip yang selalu dilontarkan oleh pendiri Microsoft, bahwa sukses bukanlah untuk tentang memperkaya diri, namun juga memberikan dampak baik bagi sekitar, termasuk dalam hal menghargai serta menghormati orang lain.

Berikut adalah tujuh prinsip orang sukses dalam berinteraksi dengan orang lain yang patut Anda jadikan inspirasi.

1. Setiap kali bertemu dengan orang, perlakukan dengan baik. Anggap saja seperti layaknya mereka akan memberi keuntungan yang tak diduga. Jangan pernah menyindir secara halus, terlebih meminta. Cobalah untuk berperilaku dengan sopan, perhatian, dan siap menolong.

2. Orang akan memberikan penilaian terhadap diri Anda. Mau tidak mau, Anda hanya memiliki satu kesempatan untuk memberi kesan tententu terhadap seseorang pada pertemuan pertama. Oleh karenanya, menggunakan sepatu yang baik saat perjumpaan pertama akan memberikan sebuah kode penting secara langsung bagi lawan bicara Anda. Hal ini merupakan salah satu rahasia umum.

3. Mencairkan suasana saat berjumpa dengan orang dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mungkin untuk beberapa kesempatan, guyonan memang tidak seharusnya dilakukan. Namun, yang perlu Anda ketahui adalah pada dasarnya semua orang suka tertawa. Maka menjadi jenaka mungkin salah satu cara mudah untuk mencairkan suasana.

4. Semua orang sangat menikmati saat dirinya dianggap menarik oleh orang lain. Oleh karenanya, usahakan agar Anda lebih antusias saat orang lain sedang berbicara. Tunjukkan rasa ingin tahu Anda, namun jangan sampai mengganggu. Hal ini akan memunculkan respect yang tinggi pada Anda.

5. Bicara daya tarik, yang pasti tidak melulu tentang seks. Namun, sangat disayangkan bahwa ternyata sebagian besar daya tarik itu terletak pada hal satu ini. Sedikit obrolan miring tentang seks boleh saja dilakukan, namun jangan sampai terkesan tidak sopan. Semisal, Anda berpikir seperti “Saya pastikan dia akan mendesah sambil memejamkan mata” namun yang Anda katakan adalah “Pernahkah ada yang mengatakan bahwa Anda memiliki mata yang indah?”

6. Kalah dan menang dalam permainan merupakan hal yang biasa. Namun, saat hal sial jatuh pada Anda, jangan pernah untuk menolak kekalahan. Karena saat Anda komplain tentang kekalahan Anda, rasa hormat orang lain terhadap Anda akan berkurang. Menerima kekalahan dan mengakui kemenangan orang lain itu jauh lebih baik.

7. Biasanya, tidak ada orang yang ingin ditinggalkan dengan gelas kosong, namun ada pula yang ingin diperlakukan demikian karena takut dianggap serakah. Maka cobalah untuk menuangkan minuman dan sajikan dengan senyuman sederhana dan rendah hati. Hal ini merupakan salah satu perilaku yang dapat memancarkan daya tarik Anda.

TEKS: AMIN MULIA
EDITOR: HAPPY FERDIAN
FOTO: DOK. ESQUIRE

Source: Esquire

Baca juga:
The Smiths umumkan rilis album baru
Cerita di balik debut Cara Delevingne sebagai penulis
Kisah cinta John Lennon dan Yoko Ono akan dibuat film